(Construction Photography, Behance)

(Construction Photography, Behance)


2 Jenis Struktur Bangunan yang perlu kamu ketahui! (Bagian 1)

Sebelum membangun sebuah bangunan baik yang besar maupun yang kecil, dari rumah hingga gedung gedung bertingkat diperlukan struktur bangunan yang baik. Di artikel ini kamu akan mempelajari tentang dua jenis struktur bangunan yang perlu kamu ketahui. Namun sebelumnya, kamu harus tau terlebih dahulu apa itu Struktur Bangunan?

Struktur merupakan dasar yang sangat penting yang bertujuan untuk mendasari pembangunan sebuah bangunan  mulai dari sebuah pondasi, sloof, dinding, kolom, ring, kuda-kuda, hingga atap. Istilah ‘struktur’ mengacu pada segala sesuatu yang dibangun atau dibangun dari bagian yang saling terkait yang berbeda dengan lokasi tetap di atas tanah.

Struktur dari sebuah bangunan terdiri atas dua jenis utama yaitu Struktur Atas Bangunan ( Upper Structure), dan Struktur Bawah Bangunan (Lower Structure). Namun selain membaginya ke dalam dua jenis, ada pula orang yang membagi struktur bangunan ke dalam tiga jenis, diantaranya struktur bawah, struktur atas, dan struktur tengah.

Struktur Atas Bangunan ( Upper Structure)

Struktur atas suatu gedung adalah seluruh bagian struktur gedung yang berada di atas muka tanah (SNI 2002). Struktur atas ini terdiri atas kolom, pelat, balok,dinding geser dan tangga, yang masing-masing mempunyai peran yang sangat penting.

Di dalam struktur atas kita dapat menemukan beberapa bagian yaitu ;

Kolom, Balok, Plat Lantai, dan Atap

(Beton, Beton instan indokon)

(Beton, Beton instan indokon)

Kolom

Kolom merupakan suatu elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan, sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) lantai yang bersangkutan dan juga runtuh total (total collapse) seluruh struktur (Sudarmoko, 1996). Fungsi kolom adalah sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi.

(Genteng-metal, creohouse medan)

(Genteng-metal, creohouse medan)

Atap 

Atap adalah bagian yang paling penting yang harus dimiliki oleh sebuah bangunan, apalagi jika bangunan yang dibangun diperuntukan sebagai tempat tinggal, atap akan melindungi kita dari sinar matahari dan hujan dan polusi dari luar. Pada umumnya, material yang dipakai sebagai penopang rangka atap adalah balok kayu atau baja. Material ini kemudian disusun hingga membentuk segitiga dan disebut sebagai kuda-kuda.

(Jenis Balok Dalam Konstruksi , PT. Adhyaksa Persada Indonesia)

(Jenis Balok Dalam Konstruksi , PT. Adhyaksa Persada Indonesia)

BACA  Ketahui Hal Berikut Sebelum Menggunakan Drone untuk Pertanian
Balok 

Balok juga merupakan salah satu pekerjaan beton bertulang. Balok merupakan bagian struktur yang digunakan sebagai dudukan lantai dan pengikat kolom lantai atas.Fungsinya adalah sebagai rangka penguat horizontal

(Plat Lantai, Asiacon)

(Plat Lantai, Asiacon)

Plat Lantai

Plat lantai adalah lantai yang tidak terletak di atas tanah langsung, jadi merupakan lantai tingkat. Plat lantai ini didukung oleh balok-balok yang bertumpu pada kolom-kolom bangunan.

 

Itulah bagian bagian yang bisa kita temukan dalam struktur atas bangunan, dalam artikel selanjutnya kita akan sama-sama melihat dan mempelajari apa apa saja yang terdapat pada struktur bagian bawah (lower structure).

 

 

Sumber :

Types of building structures

https://www.letsbuild.com/blog/types-of-building-structures 

Jenis-jenis Struktur Bangunan

http://www.boredpile.co.id/jenis-jenis-struktur-bangunan/

Seluk-Beluk Struktur Bangunan | Pengertian, Jenis, dan Komponennya

https://www.99.co/id/panduan/seluk-beluk-struktur-bangunan

EdukasiTeknologi Konstruksi

jenis truktur bangunanstruktur bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.