(How to Start Your Own Construction Management Company, the balance.com)

2 Jenis Struktur Bangunan yang perlu kamu ketahui! (Bagian 2)

Ketika kamu bepergian dan melihat ke arah daerah perkotaan, kamu bisa mengamati dan melihat jenis-jenis bangunan dengan model dan tipe yang berbeda-beda. Mulai dari gedung perhotelan, rumah sakit, perumahan, pusat perbelanjaan juga bangunan bangunan lainnya. Dalam artikel sebelumnya kita sudah melihat dan mempelajari jenis bangunan yang pertama yaitu Jenis Struktur Bangunan Bagian Atas, dalam artikel ini kamu akan mempelajari lebih lanjut tentang bagian bawah yaitu Jenis Struktur Bangunan Bawah. 

Berbeda dengan struktur atas yang melindungi bagian atas sebuah bangunan dan mengokohkan setiap tingkat dari bangunan, struktur bawah berfungsi mendasari sebuah bangunan.

Struktur Bawah Bangunan ( Lower Structure)

Struktur bawah suatu gedung adalah seluruh bagian struktur gedung yang berada di bawah muka tanah. Struktur bawah ini terdiri atas pondasi (pancang, bore pile, telapak, dll), galian tanah, pile cap dan sloof, raft foundation (jika ada), dinding penahan tanah / retaining wall, waterproofing (umumnya waterproofing membrane atau integral), urug tanah kembali dan pemadatan tanah yang masing-masing mempunyai peran yang sangat penting.

(Pondasi rumah, ikons.id)

(Pondasi rumah, ikons.id)

Pondasi

Pondasi merupakan bagian yang akan menopang keseluruhan bagian atasnya, ia juga berhubungan langsung dengan tanah. Syarat bagi sebuah pondasi yang ideal adalah yang cukup kuat menahan muatan geser akibat muatan tegak ke bawah, yang menyesuaikan pergerakan tanah yang tidak stabil (tanah gerak), tahan terhadap pengaruh perubahan cuaca dan tahan terhadap pengaruh bahan kimia.

Pondasi harus diperhitungkan untuk dapat menjamin kestabilan bangunan terhadap beratnya sendiri, beban – beban bangunan (beban isi bangunan), gaya-gaya luar seperti: tekanan angin,gempa bumi, dan lain-lain. Disamping itu, tidak boleh terjadi penurunan level melebihi batas yang diijinkan. Pondasi terbagi menjadi tiga yaitu dangkal, sumuran, dan pondasi dalam.

Galian Tanah 

Galian tanah untuk pondasi adalah galian yang harus diperhitungkan dengan baik ukuran, lebar dan kedalamannya sesuai dengan peil dan instruksi yang dicantumkan oleh arstiteknya. Semua bekas-bekas pondasi bangunan lama dan akar-akar pohon yang terdapat pada bagian pondasi yang akan dilaksanakan harus dibongkar dan dibuang. Bekas-bekas pipa saluran yang tidak dipakai harus disumbat.

Apabila pada lokasi yang akan dijadikan bangunan terdapat pipa air, pipa gas, pipa-pipa pembuangan, kabel-kabel listrik, telepon dan sebagainya yang masih dipergunakan, maka secepatnya diberitahukan kepada Konsultan Manajemen Konstruksi atau instansi yang berwenang untuk mendapatkan petunjuk-petunjuk seperlunya. Pelaksana Pekerjaan/ Kontraktor juga memiliki bertanggung jawab penuh atas segala kerusakan-kerusakan sebagai akibat dari pekerjaan galian tersebut.

Konstruksi Basement 

Konstruksi basement merupakan solusi yang ekonomis guna mengatasi keterbatasan lahan dalam pembangunan gedung. Biasanya dalam sebuah gedung basement dijadikan lahan parkir.

Pemilihan metode galian disesuaikan dengan perencanaan bangunan dan konsdisi di lapangan. Pada metode galian basement banyak faktor yang perlu diperhatikan antara lain: jenis tanah, kondisi proyek, muka air tanah, besar tekanan tanah yang bekerja, waktu pelaksanaan, analisa biaya dan sebagainya.

 

BACA  Tiga Energi Baru Terbarukan Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Sumber :

Types of building structures

https://www.letsbuild.com/blog/types-of-building-structures 

Jenis-jenis Struktur Bangunan

http://www.boredpile.co.id/jenis-jenis-struktur-bangunan/

Seluk-Beluk Struktur Bangunan | Pengertian, Jenis, dan Komponennya

https://www.99.co/id/panduan/seluk-beluk-struktur-bangunan

6 Building Construction Types You Should Know

https://generalcontractorlicenseguide.com/6-building-construction-types-know/

Feature Image

the balance.com 

EdukasiTeknologi Konstruksi

Pembangunanstruktur bangunanTeknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.