Mengetahui akurasi dalam Pemetaan Udara yang Kadang Dilupakan

Mengetahui akurasi dalam Pemetaan Udara yang Sering Dilupakan

Definisi akurasi dalam drone pemetaan 

Berdasakan informasi yang kami kutip dari dronedeploy akurasi dalam pemetaan udara drone terbagi menjadi dua yaitu :

Akurasi relatif (atau lokal): Akurasi relatif adalah sejauh mana suatu titik pada peta akurat relatif terhadap titik-titik lain dalam peta yang sama. Dengan kata lain, jika jarak antara dua titik berukuran 10 inci di dunia nyata, jaraknya juga harus 10 inci di peta Anda .

Akurasi absolut (atau global): Akurasi absolut, di sisi lain, adalah sejauh mana suatu titik pada peta berhubungan dengan sistem koordinat tetap di dunia nyata. Jika peta memiliki tingkat akurasi global yang tinggi, garis lintang dan bujur dari suatu titik pada peta itu akan sesuai secara cukup akurat dengan koordinat GPS yang sebenarnya .

 

Akurasi seperti apa yang dibutuhkan dalam project

image by elevated solutions

Sasaran proyek Anda akan menentukan tingkat akurasi yang Anda butuhkan. Beberapa proyek membutuhkan tingkat akurasi global yang tinggi, sementara dalam kasus lain, akurasi relatif akan cukup. Ketika merujuk pada penggunaan titik kontrol tanah, yang sangat meningkatkan akurasi absolut peta, salah satu perusahaan di amerika menerapkan hal berikut :

Menilai setiap proyek – hasil yang diinginkan, di mana dan bagaimana peta akhir akan digunakan, keputusan apa yang akan diambil berdasarkan informasi – akan membantu Anda menentukan seberapa penting akurasi dalam situasi apa pun. Meskipun tergoda untuk berpikir bahwa keakuratan yang lebih besar selalu lebih baik, taktik dan teknologi yang diperlukan untuk mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi dapat menambah waktu dan biaya yang signifikan untuk proyek Anda dan tidak selalu diperlukan atau berharga untuk tujuan Anda.

 

Akurasi Relatif: Manajemen, Pengukuran dan Pemasaran

Keakuratan relatif biasanya cukup untuk proyek-proyek seperti melakukan pengukuran skala kecil, secara visual memeriksa kemajuan di lokasi konstruksi dan memantau bidang kesehatan tanaman. Intinya, kapan saja Anda perlu mengumpulkan informasi dari dalam peta itu sendiri, tetapi tidak perlu menempatkan peta itu secara akurat di ruang angkasa. Karena peta drone mengandung ribuan titik, dibandingkan dengan beberapa ratus titik yang diperoleh melalui metode survei tradisional, peta dengan akurasi relatif memberikan gambaran yang sangat rinci tentang medan yang bekerja dengan baik untuk jenis proyek ini.

BACA  Drone Pertanian daftar Jenis Kamera yang Bagus untuk Survey NDVI Crops

Mengetahui apa itu Ground sample distance ( GSD) dalam pemetaan udara drone

Dalam penginderaan jauh, ground sample distance  (GSD) dalam foto digital (seperti ortofoto) dari tanah dari udara atau ruang adalah jarak antara pusat piksel yang diukur di tanah. Misalnya, dalam gambar dengan GSD satu meter, lokasi gambar piksel yang berdekatan berjarak 1 meter di tanah. GSD adalah ukuran satu batasan untuk resolusi gambar, yaitu batasan karena pengambilan sampel.

Akurasi relatif: Biasanya merupakan kelipatan dari Ground Sampling Distance (GSD) rata-rata data Anda. Akurasi relatif horizontal adalah 2x GSD (misalnya, jika GSD Anda adalah 2 cm / piksel, akurasi horizontal akan sekitar 4 cm) dan akurasi relatif vertikal biasanya 3x GSD.

Proyek yang akurasi relatifnya biasanya memadai:

  • Pengukuran skala kecil – mis., Luas bidang, panjang pagar, lebar tumpukan
  • Manajemen dan pengawasan – mis., Mengawasi kemajuan umum situs konstruksi
  • Pemindaian tanaman – mis., Menilai kerusakan setelah badai, memantau kesehatan tanaman
  • Pemasaran – mis., Membuat proyek model 3D atau selang waktu untuk dibagikan dengan calon klien

 

Kesimpulan

by garmin gps

Tingkat akurasi dari peta hasil pemetaan udara aerial bisa di sesuaikan sesuai dengan pekerjaan pemetaan user  dengan dua jenis perbandingan skala yaitu di dunia nyata (secara lokal) dan system GPS ( secara global ).

Mapping ServicePanduan pemetaan udaraPemetaan

aplikasi pemetaan dronebenefits of drones in agriculturedrone pemetaan dan pengolahanya tutorial lengkapjenis drone untuk pemetaankamera udaraspesifikasi drone untuk pemetaanteknologi drone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.