Sumber : Unspalash.com

Alasan Mengapa Bisnis Drone Populer di China

Negara terpadat di Asia dengan jumlah populasi 1 miliar tesebut memang dikenal sebagai negara adidaya yang handal memproduksi berbagai alat berbasis teknologi. Beberapa merk elektronik terkenal yang selama ini dikira masyarakat sebagai western brand ternyata diproduksi dan orisinil berasal dari China, drone adalah salah satunya. Dari sekian banyak alat canggih yang diproduksi China yang tidak kalah ramai peminatnya dan berkembang menjadi sangat pesat. Salah satu pabrik drone terbesar pun pusatnya ada di Shenzhen, Guangdong. Lantas, apa yang menjadi alasan bisnis drone populer di China?

Gambar: China South Morning Post

Gambar: China South Morning Post

Sebelumnya, China sudah populer memproduksi drone di bidang militer

Sejak tahun 1960-an, China bekerja sama dengan Uni Soviet untuk memproduksi drone militer dan memutuskan untuk memproduksinya sendiri. Sejalannya waktu, drone tidak hanya dimiliki militer saja, warga sipil juga menginginkan drone untuk dijadikan alat yang didistribusikan secara umum (tidak hanya militer saja). Keinginan masyarakat saat itu terkabul, lembaga perizinan penerbangan internasional pun melakuka hal yang sama dan hingga saat ini drone bisa diakses oleh siapaun, selama memiliki sertifikasi drone pilot.

Salah satu pabrik terbesar berada di Shenzhen, Guangdong

Pada tahun 2005, Frank Wang (saat ini tercatat sebagai founder perusahaan drone, DJI) mengadakan riset dan mengembangkan sebuah drone dengan biaya yang disediakan oleh pihak universitas. Hingga pada tahun 2006, DJI atau disebut Dà-Jiāng Innovations (“inovasi besar pelopor”) berhasil didirikan dan pada tahun 2013 meluncurkan drone pertama yaitu seri S800. Perusahaan tersebut berkembang sangat pesat dan hingga hari ini disebut sebagai produsen drone terbesar di kawasan Asia.

Gambar: Wikimedia

Gambar: Wikimedia

China menerapkan konsep modernisasi industri

Modernisasi industri bisa disebut dengan penerapan teknologi pada setiap bidang pekerjaan yang ada di China. Bahkan sektor terluas mereka (yaitu pertanian) juga menggunakan alat canggih untuk mengerjakan produksi tanaman. China bahkan berani melakukan pemangkasan terhadap para petani dan menggantinya dengan tenaga modern untuk menggantikan tugas mereka. Hal yang sama juga mulai dialami Indonesia, sektor pertaniannya mulai menggunakan drone sebagai alat bantu yang dianggap efektif dan efisien dalam melakukan proses tanaman produksi.

Apakah anda juga ingin melakukan hal yang sama, menerapkan inovasi terbaru dalam mengerjakan tugas pertanian? Kunjungi website kami fulldronesolutions.com mengenai informasi drone pertanian yang berkualitas dan handal di bidang pertanian.

BACA  Kiat Sukses Untuk Memulai Bisnis Drone bagi Pebisnis Pemula

Bisnis DroneEdukasi

bisnis dronebisnis sewa dronedrone china

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.