Alat-Alat Yang Kamu Perlukan Untuk Membuat Drone Dengan Arduino

(Man playing drones, photography.com)

(Man playing drones, photography.com)


Alat-Alat Yang Kamu Perlukan Untuk Membuat Drone Dengan Arduino

Teknologi drone beberapa tahun belakangan ini merupakan salah satu teknologi yang diminati oleh banyak kalangan, mulai dari yang tua hingga yang muda. Jika kamu melihat harga-harga drone di e-commerce, harga yang dipatok untuk sebuah drone bisa mencapai 1 juta untuk harga yang termurah hingga 4,2 miliar untuk harga yang paling mahal. Harga yang sangat tinggi untuk sebuah teknologi yang tidak dikendarai dan tanpa awak. Namun jangan berkecil hati, kamu bisa memulai membuat drone buatanmu sendiri dirumah dengan alat-alat yang lebih sederhana, semua alat dan bahannya bisa kamu temukan di e-commerce kesayanganmu dan pastinya dengan harga yang lebih terjangkau. Di artikel ini kamu akan melihat alat-alat apa saja yang akan kamu butuhkan untuk membuat drone dengan arduino, dan kamu juga bisa melihat cara membuat drone dengan arduino di artikel berikutnya.

Di sini kita akan meminta komponen-komponen yang dibutuhkan kemudian membahasnya satu per satu. Berikut alat alat yang akan kamu butuhkan untuk membuat drone milik kamu sendiri ; 

Bingkai, Motor , Pengontrol Kecepatan Listrik, Baling-baling, Baterai, Papan Arduino, IMU (Unit Pengukuran Inersia), Pengontrol RC, Penerima Futaba R617FS, Bingkai ukuran 1 x 450 dengan papan distribusi daya terintegrasi, Motor 4 x 1000kV / 10 × 4,5 alat peraga / ESC combo, 1 x 3S / 2200mAh / 30C lipo, 1 x Arduino Uno atau Funduino Uno, 1 x MPU6050 gyro / akselerometer, 1 x Pemancar TX Flysky FS-T6 6CH, Pengisi daya baterai lipo 1 x 2S / 3S

(Membuat Drone dengan Arduino : Schematics and Connections, electroniclovers.com)

(Membuat Drone dengan Arduino : Schematics and Connections, electroniclovers.com)

Rangka

Rangka harus kuat dan fleksibel untuk mengakomodasi getaran yang dihasilkan. Rangka harus memiliki plat penahan tengah untuk memasang elektronik, empat lengan, dan empat bracket motor untuk menghubungkan setiap motor ke setiap ujung lengan. Bahan yang digunakan bisa aluminium, serat karbon atau kayu. 

(Motors, seidi.towa-online.at)

(Motors, seidi.towa-online.at)

Motor

Motor ini identik dengan motor DC tradisional; mereka tidak memiliki kuas. Pastikan untuk memeriksa RPM (putaran per menit) yang dapat dihasilkan motor melalui ‘Peringkat Kv’ (konstanta RPM motor). 

(Propeller, blibli.com)

(Propeller, blibli.com)

Propeller

Propeller akan menghasilkan daya dorong yang diperlukan untuk Quadcopter kamu.

(Schematics and Connections, electroniclovers.com)

(Schematics and Connections, electroniclovers.com)

Pengontrol Kecepatan Elektronik

Perangkat ini akan mengontrol kecepatan motor. Ini memiliki input baterai dan output motor dengan tiga fase. Kamu akan membutuhkan empat untuk setiap motor. Ingatlah tingkat arus maksimum yang akan diberikan sumber saat membeli ESC. Juga, melihat apakah ESC dapat di program sesuai kebutuhan kamu misalnya jika kamu ingin mengubah rentang frekuensi sinyal.

(Schematics and Connections, electroniclovers.com)

(Schematics and Connections, electroniclovers.com)

Baterai

Baterai LiPo (Lithium Polymer), ini memberikan arus yang ideal untuk aplikasi ini dan tidak berat. Kamu juga bisa menggunakan Battery: 2x ZIPPY Compact 3700mAh 3S 25C

Inertial Measurement Unit (IMU)

Papan ini akan mengukur orientasi, kecepatan, gaya gravitasi, dll. Dan meratakan Quadcopter milikmu Satuan ini terdiri dari giroskop 3 sumbu (untuk membaca kecepatan sudut) dan akselerometer (untuk mengukur percepatan dan gaya). 

Flight Controller

Kamu dapat menggunakan papan pengontrol normal atau Arduino UNO. 

RC Transmitter

Kamu dapat memprogram dan mengontrol Quadcopter Anda dengan pemancar RC. Anda dapat memilih dua mode, akrobatik atau stabil. Sebagai pemula kamu harus tetap menggunakan mode stabil, kecepatan motor akan dikontrol secara otomatis dan drone akan tetap seimbang. Dalam mode akrobatik, giroskop adalah satu-satunya nilai pemrosesan. Tongkat pengontrol akan membantu kamu dalam mengontrol quad dan tidak diseimbangkan ulang secara otomatis. Mode ini berguna saat melakukan aksi udara, tetapi sulit dikendalikan. Beberapa sistem kendali RC termasuk Futaba, Spektrum, Turnigy, dan FlySky.

 

BACA  Yuk, Perluas Koneksi dengan Bergabung Bersama Komunitas Drone

Sumber :

Build Arduino Quadcopter with Complete Source Code and Circuit Diagram

https://www.electronicslovers.com/2018/11/build-arduino-quadcopter-with-complete-source-code-and-circuit-diagram.html

Membuat Drone menggunakan arduino nano

https://www.omahdrones.com/2016/05/membuat-drone-menggunakan-arduino-nano.html

EdukasiTeknologi Drone

ArduinodroneEdukasiLangkah Langkahmembuat drone sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.