Alat semprot pertanian otomatis 2019 menyambut era smart farm


Daftar alat semprot pertanian otomatis 2019-2020

 

#Nama AlatFungsiJenis
1Spray sprinklerPenyemprot air tertanam di tanahsemi automatic
2Solar pumpPenyemprot pada tanah tenaga suryaautomatic
3Drone agriculturePenyemprot cairan dengan pesawat droneautomatic

 

Pada artikel ini membahas mengenai alat-alat pertanian inovasi modern yang dapat bekerja secara otomatis tanpa memerlukan pekerja manusia terlalu banyak smart farm merupakan satu contoh inovasi pertanian modern yang akan banyak diterapkan di indonesia berikut adalah definisi smart farm

iot pertanian

Mengenal smart farm

Smart farm  dan pertanian presisi melibatkan integrasi teknologi canggih ke dalam praktik pertanian yang ada untuk meningkatkan efisiensi produksi dan kualitas produk pertanian. Sebagai manfaat tambahan, mereka juga meningkatkan kualitas hidup para pekerja pertanian dengan mengurangi tenaga kerja yang berat dan tugas-tugas yang membosankan.

“Seperti apa bentuk pertanian dalam 50 hingga 100 tahun?” Adalah pertanyaan yang diajukan oleh David Slaughter, seorang profesor teknik biologi dan lingkungan di UC Davis. “Kita harus mengatasi pertumbuhan populasi, perubahan iklim, dan masalah ketenagakerjaan, dan itu telah membawa banyak minat pada teknologi.”

Hampir setiap aspek pertanian dapat mengambil manfaat dari kemajuan teknologi — mulai dari penanaman dan penyiraman hingga kesehatan dan panen tanaman. Sebagian besar teknologi pertanian saat ini dan yang akan datang jatuh ke dalam tiga kategori yang diharapkan menjadi pilar pertanian cerdas: robot otonom, drone atau UAV, dan sensor dan Internet of Things (IoT)

Spray sprinkler

alat pertanian otomatis sprinkler

Penyiraman Otomatis dan Irigasi

Irigasi jalur bawah sudah merupakan metode irigasi yang lazim yang memungkinkan petani untuk mengontrol kapan dan berapa banyak air yang diterima tanaman mereka. Dengan memasangkan sistem SDI ini dengan sensor berkemampuan IoT yang semakin canggih untuk terus memantau tingkat kelembaban dan kesehatan tanaman, petani akan dapat melakukan intervensi hanya jika diperlukan, jika tidak memungkinkan sistem beroperasi secara mandiri.

Spray sprinkler pada umunya bekerja sebagai pengganti metode penyemprotan dengan menggunakan tabung dan di pompa menggunakan tangan alat ini bekerja dengan hanya di letakkan di permukaan tanah area tanam atau sedikit di benamkan tujuanya untuk melakukan penyiraman tanaman secara otomatis, dengan hadirnya iot alat ini dapat dihubungkan ke sensor kelembaban tanah dan lainya dan ke processor secara langsung sehingga dapat melakukan penyemprotan secara otomatis ketika tanah sudah mulai kering (contoh) .

 

Automatic pump solar powered

alat pertanian otomatis solar panel pump

Pertanian di negara-negara berkembang tidak seefisien seharusnya. Salah satu masalah utama pertanian adalah pengelolaan air. Bahkan negara-negara berkembang yang menerima jumlah air yang baik melalui curah hujan gagal menjadi efisien di bidang pertanian. Investasi awal energi matahari tinggi. Tapi mari kita letakkan dalam perspektif petani / petani di negara berkembang.  Pompa air tenaga surya menjadi solusi paling tepat untuk otomatisasi pertanian  berikut kelebihan pompa air tenaga surya :

  • Panel surya dapat diandalkan, bahkan di daerah dan daerah terpencil.
  • Tersedia pilihan ideal ketika daya grid tidak teratur atau tidak tersedia. Ketika diservis dan dirawat dengan baik serta dengan penyimpanan air yang memadai, pompa tenaga surya menawarkan keandalan yang luar biasa. Beberapa sistem bahkan menawarkan aplikasi untuk membantu Anda memantau kinerja dan laju aliran dari jarak jauh.
  • Biaya operasi yang sangat rendah.
  • Salah satu keunggulan utama pompa surya adalah energinya datang langsung dari matahari, menurunkan biaya operasi dan jejak lingkungannya. Panel surya bahkan mungkin memenuhi syarat untuk sertifikat teknologi dari Skema Energi Terbarukan Skala Kecil yang dapat membantu menutup biaya pembelian.
  • Mudah diangkut dan dipindahkan.

 

Drone pertanian

drone pertanian 15 liter

Pesawat udara tak berawak (UAV), yang biasa disebut drone, adalah platform udara kecil dengan berat hingga 30 kg . Karena ukurannya, mereka tidak dapat dinaiki oleh tubuh manusia (belum). Drone dapat dioperasikan dengan dua cara; secara langsung, di mana manusia memiliki kendali penuh atas kendaraan dengan remote nirkabel; dan secara automatic , di mana drone dapat mengendalikan dirinya dan mengikuti rute berdasarkan data dari GPS atau sensor lainnya.

Dalam sektor industri pertanian drone dapat digunakan sebagai sprayer cairan pestisida, herbisida, pupuk cair dan banyak zat pertanian lainya, ini tentu sangat berguna untuk petani pemilih lahan yang luas agar tidak mengeluarkan terlalu banyak biayadalam mengolah lahan, dengan ber investasi drone agriculture petani dapat memangkas biasa dan waktu pengerjaan.

 

Artikel pertanian modernBlogUncategorized

alat semprot pertanian otomatisaplikasi pemetaan dronebenefits of drones in agriculturebiaya survey lidarspesifikasi drone untuk pemetaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.