Berbagai Jenis Nozzle Sprayer yang Populer di Bidang Pertanian

Nozzle sprayer (dibaca nosel) adalah alat/bagian mesin yang dirancang untuk mengendalikan arah aliran fluida sekaligus mengatur kecepatannya. Singkatnya, nozzle sprayer diindikasi sebagai alat semprot yang efisien karena dapat menyemprot cairan secara cepat dan merata. Di bidang pertanian, nozzle sprayer menjadi komponen penting karena memberikan fungsi kepada alat untuk menyirami dan menyemprot tanaman. Jenis nozzle sprayer pun didesain dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan kebutuhan.

Secara singkat, fungsi nozzle antara lain adalah;

  •  Menentukan ukuran droplet cairan yang disemprotkan
  •  Mengatur angka curah/flow rate
  •  Mempengaruhi distribusi penyemprotan

Berikut beberapa jenis nozzle sprayer yang populer penggunaannya di bidang pertanian.

1.   Nozzle Kerucut / Cone Nozzle
Nozzle Kerucut

Nozzle Kerucut

Cone nozzle didesain bentuknya kerucut supaya menghasilkan semprotan yang halus. Cone nozzle sendiri terdiri dari 2 jenis, pertama adalah solid cone nozzle dimana pola yang dihasilkan berbentuk semprotan bulat dan berisi, sedangkan jenis kedua adalah hollow cone nozzle; bentuk semprotan yang dihasilkan berbentuk kerucut bulat kosong. Cocok untuk aplikasi tanaman seperti insektisida dan fungisida.

2.   Nozzle Polijet

Nozzle yang satu ini menciptakan semprotan berbentuk garis atau cerutu. Berbeda dengan nozzle lain yang berfungsi di aplikasi tanaman insektisida dan fungisida, nozzle polijet justru ramai digunakan untuk aplikasi herbisida.

Nozzle Polijet

Nozzle Polijet

3.   Nozzle Kipas Standar (Flat Fan Nozzle)
Nozzle Kipas Standar (Flat Fan Nozzle)

Nozzle Kipas Standar (Flat Fan Nozzle)

Pola yang dihasilkan nozzle kipas standar cenderung berbentuk oval dan sebaran cairan/droplet-nya merata dan biasanya dipakai untuk aplikasi tanaman fungisida dan insektisida.

4.   Nozzle Kipas Rata/Even Flat Fan Nozzle
Nozzle Kipas Rata/Even Flat Fan Nozzle

Nozzle Kipas Rata/Even Flat Fan Nozzle

Nozzle yang satu ini menghasilkan semprotan berbentuk garis dan terbilang rata untuk penyebaran cairannya. Untuk tekanan tinggi Nozzle Kopas Rata digunakan untuk aplikasi insektisida sedangkan untuk tekanan rendah digunakan untuk aplikasi herbisida.

Keberadaan nozzle sprayer sangatlah berguna bagi alat pertanian yang semakin hari semakin mengalami banyak perkembangan. Penyemprotan memiliki peran sangat penting bagi kestabilan produksi tanaman. Tidak heran jika para ahli, terutama di bidang teknologi selalu berusaha menciptakan inovasi baru bagi alat pertanian, tak terkecuali bagi kehadiran drone.

Untuk penyemprotan yang lebih maksimal, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan drone Ferto 5 dan 15. Drone tersebut memiliki kemampuan mengangkut beban cairan hingga 15 kg sekaligus dapat menghemat pengeluaran biaya operasional hingga 25%. Anda juga akan mendapatkan pendampingan dari para ahli untuk urusan pengoperasian drone dan dibantu tim teknis handal dalam negeri. Ingin informasi lebih lanjut mengenai drone Ferto? Kunjungi https://www.fulldronesolutions.com

BACA  Mengenali Berbagai Mesin Pertanian yang Unik Sekaligus Modern

EdukasiTeknologi Pertanian

drone sprayerfertonozzle sprayer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.