Cara Mudah Memetakan Area yang Sangat Luas Best Solutions

Pemetaan di area yang luas mudah

Cara Mudah Memetakan Area yang Sangat Luas by the Best Solutions

 

Langkah-langkah Pemetaan Udara dengan drone Area Luas
1.Tinjau Peta Satelit & Sectional untuk Mengidentifikasi Hambatan di area tersebut

Hal yang diinginkan operator adalah dikejutkan oleh garis pohon atau halangan tak terduga lainnya.

Ini tidak hanya menciptakan situasi yang berpotensi tidak aman, tetapi juga memotong waktu penerbangan yang berharga karena operator berjuang untuk menyesuaikan diri dengan hambatan yang tidak terduga.

Karena menjaga line of sight (LOS) sangat penting, saya sarankan memulai proses perencanaan Anda dengan menarik peta satelit, seperti Google atau Bing, untuk melihat dari dekat tempat Anda akan terbang.

Pindai peta untuk mengetahui potensi hambatan terhadap LOS. Periksa bagan VFR Sectional lokal Anda untuk menara dan sejenisnya.

Ambil kesempatan ini untuk memahami jalan dan lansekap dengan baik dan mulai berpikir tentang tempat-tempat untuk didirikan, lepas landas, mendarat untuk mengganti baterai dan memasang untuk pengamatan penerbangan.

Melakukan perpaduan ke depan akan memungkinkan Anda untuk membuat estimasi kasar waktu yang akan Anda habiskan di situs.

software DroneDeploy atau software mapping lainya  memberikan perkiraan waktu penerbangan yang baik untuk area yang luas.

Namun, saya merekomendasikan untuk menggunakan 20% perkiraan waktu secara konservatif agar dapat terbang ke dan dari titik awal / akhir Anda, serta waktu yang dihabiskan untuk pertukaran baterai.

 

2.Pilih Flight Parameter yang Tepat untuk Memastikan Kualitas Data Pemetaan 

  • Software DroneDeploy, Mission Planner, Pix4d, Agisoft Photoscan dan ArcGIS sudah cukup bagus untuk  perencanaan penerbangan (flight plan) dan pengolahan foto menjadi maps compatible dengan produk-produk DJI maupun produk drone pemetaan dan agriculture FDS.
  • Batas Sederhana – Jangan sampai terbawa oleh gambar poligon yang rumit untuk batas Anda. Karena dapat membuat Anda rentan terhadap sudut yang susah di jangkau dan area cakupan yang dipertanyakan. Alih-alih, pertahankan bentuk yang cukup sederhana yang memungkinkan cakupan yang halus dan konsisten.
  • Overshoot Perimeter Anda – Ini mungkin terdengar seperti berlebihan , tetapi waktu ekstra yang diperlukan untuk menerbangkan perimeter yang diperluas secara signifikan lebih kecil daripada waktu yang diperlukan untuk menerbangkan kembali seluruh misi jika data asli terdistorsi.

3.Tentukan Parameter Ketinggian

by fera science

Terbang di ketinggian yang lebih tinggi memungkinkan cakupan yang lebih baik per baterai, yang bisa sangat penting ketika mencakup area yang luas.

Namun, semakin tinggi ketinggian, semakin rendah resolusi ground.

Karena itu, penting untuk menyepakati parameter survei dan menetapkan harapan untuk resolusi darat dengan klien Anda sebelum terbang, dan menyeimbangkannya dengan kebutuhan baterai Anda.

Menetapkan Tumpang tindih Minimum 70/70- Mempertahankan tumpang tindih sisi / depan minimal 70/70 akan memberikan perangkat lunak yang lebih baik peluang untuk menyatukan titik-titik di antara gambar.

Saya bahkan sudah berbicara dengan operator yang melakukan tumpang tindih 90/90. Jika Anda terbang untuk generasi cloud titik 3d, tumpang tindih 90/90 ini adalah tempat Anda akan tinggal.

 

4. Nonaktifkan Pengaturan Kamera Otomatis

Jika Anda cukup terbiasa dengan pengaturan kamera DJI, Anda mungkin dapat meningkatkan kualitas gambar dan membuat eksposur yang lebih konsisten dengan mematikan pengaturan otomatis dan sebagai gantinya mengaturnya secara manual di aplikasi DJI Go.

Namun, hal ini dapat menjadi bumerang pada hari-hari dengan tutupan awan bergulir, sehingga penting untuk mengetahui kondisi dan memilih dengan bijak.

Beberapa operator lebih suka menggambar satu misi besar di software  mission planner.

Meskipun ini adalah cara yang berguna untuk mendapatkan perkiraan waktu penerbangan secara keseluruhan, kami lebih memilih untuk membuat beberapa misi penerbangan yang membagi AOI ( Area of Interest)  menjadi bagian-bagian yang dapat dikelola.

Ini memungkinkan kita untuk lebih mudah mempertahankan LOS, merencanakan pertukaran baterai dan mempertahankan batas-batas sederhana dan membatasi jumlah sudut yang susah dijangkau .

5. Siapkan Baterai dengan Kapasitas Cukup Besar

Ketahanan terbang UAV / Drone tergantung kepada besar beban dan kapasitas dari baterai untuk mencapai target pemetaan paling cepat maka anda harus menyiapkan baterai kapasitas besar atau menyiapkan baterai ukuran sedang dalam jumlah banyak untuk repacement ketika proses pemetaan udara berlangsung.

6. Atur titik awal yang aman

Aturlah titik awal yang aman lalu kendalikan drone sedekat mungkin ke titik awal Anda dan luncurkan. Rencanakan lokasi penggantian baterai Anda lebih awal dan arahkan ke sana saat misi Anda berkembang.

FAA telah menyatakan bahwa ini dapat diterima di daerah yang jarang penduduknya. Namun saya ingin mengatasi perbedaan antara menggunakan perangkat iOS vs perangkat Android.

Android TIDAK akan memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa koneksi sekaligus ke drone DJI. Karena itu, dalam penerbangan, Anda tidak dapat mengubah titik awal antara titik lepas landas dan lokasi pengontrol pada perangkat Android.

Seorang pilot yang cerdas harus selalu mengawasi sisa masa pakai baterai. Jika Anda tahu Anda memiliki 33% sisa hidup tetapi akan memulai penampang lintang 1.500 kaki yang berakhir jauh dari zona pendaratan yang Anda maksudkan, Anda harus merencanakannya.

Pergi ke depan dan ambil kendali di ujung lintang terdekat dengan Anda dan mendarat. Dalam skenario lain, ketika Anda menerima sinyal baterai lemah mencoba menyelesaikan lintang berakhir paling dekat dengan Anda, kemudian beralih kembali ke mode-P dan mendarat secara manual.

Sebagai alternatif, jika Anda mengatur pengontrol sebagai titik beranda, Anda cukup menekan tombol beranda di aplikasi atau di pengontrol.

Misi akan dilanjutkan di depan lintang berikutnya, menghindari keharusan untuk menerbangkan kembali lintang yang terputus di tengah jalan.

 

Kesimpulan

Cara Mudah Memetakan Area yang Sangat Luas Best Solutions yang sudah kami bahas sudah sangat jelas bahwa beberapa point yang perlu dipersiapkan diantaranya Melakukan peninjauan berulang-ulang dengan peta citra satelit,  Memilih flight parameter( Software ) terbaik, Menentukan parameter ketinggian, Menyediakan baterai dalam jumlah banyak atau yang berkapasitas cukup besar dan Mengatur titik awal penerbangan yang bagus.

 

Simak Artikel Bermanfaat Terkait

 

 

Panduan pemetaan udaraPemetaan

aplikasi pemetaan dronedrone pemetaan dan pengolahanya tutorial lengkapharga jasa pemetaan udarakamera udarapemetaan dengan droneperbedaan pemetaan dengan drone dan satelitspesifikasi drone untuk pemetaanteknologi drone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Show Buttons
Hide Buttons