Contoh Teknologi Konstruksi Yang Ada Disekitar Kita

(Hard hat construction, investopedia)

(Hard hat construction, investopedia)


Contoh Teknologi Konstruksi Yang Ada Disekitar Kita

Pernahkah kamu melihat sebuah gedung yang arsitekturnya sangat unik seperti monumen nasional di Jakarta, Kampus Binus Alam Sutera dan Menara Pinisi di Universitas Negeri Makassar? Gedung-gedung tersebut memiliki arsitektur dan bentuk yang sangat unik dan berbeda dari yang lain. Dalam artikel sebelumnya  kita sudah membahas mengenai fungsi dari teknologi konstruksi bagi pembangunan, sekarang saatnya kita membahas  apa saja contoh teknologi konstruksi yang ada disekitar kita. 

Perlu diketahui bahwasanya Industri konstruksi mempunyai berbagai tipe seperti konstruksi komersial, konstruksi rumah tangga, konstruksi industri, konstruksi berat atau sipil adalah beberapa contoh yang sekarang menampilkan bagian-bagian utama dari teknologi konstruksi. Dan masing-masing industri membutuhkan teknologi yang berbeda-beda.

Konstruksi Rumah Tangga

Untuk konstruksi rumah tangga, metode teknologi sederhana biasanya lebih disukai dan material yang sering tersedia banyak digunakan. Untuk konstruksi rumah tangga, sebagian besar yang digunakan adalah proyek berbiaya rendah dan berjangka pendek. Teknologi yang digunakan biasanya berskala tidak terlalu besar seperti Palu/ Martil, Pahat Batu, Sikat adukan, Roskam, Trowel , Mobil pick up, Theodolite, dan alat alat lain yang menggunakan teknologi yang lebih sederhana dan tradisional.

Konstruksi Komersial

Dalam konstruksi komersial, perhatian dasarnya adalah infrastruktur yang bertanggung jawab atas kekuatan dan umur proyek. Ini sebagian besar diluncurkan oleh lembaga pemerintah. Proyek-proyek ini membutuhkan teknologi, peralatan, dan bahan konstruksi terbaru. Dalam konstruksi komersial contoh yang bisa kita lihat adalah konstruksi jalan raya, pelabuhan, bandara, gedung gedung instansi pemerintah, dan alat alat yang digunakan biasanya dalam skala yang lebih besar dengan kapasitas volume yang lebih banyak juga. Seperti Tower Crane, Pompa air & Tandon Air, Truck Tronton, Waterpass, Scafolding, Concrete Vibrator.

 

Sumber : 

17 Jenis Peralatan Untuk Proyek Konstruksi

https://www.rumahmaterial.com/2017/11/17-jenis-peralatan-untuk-proyek.html

Construction Technology

http://www.understandconstruction.com/construction-technology.html

BACA  Mengenal Lebih Dekat Fungsi Teknologi Konstruksi Bagi Pembangunan

EdukasiTeknologi Konstruksi

Konstruksi KomersialKonstruksi Rumah TanggaTeknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.