(Salah satu Alsintan / Gambar : http://pphtp.tanamanpangan.pertanian.go.id)

(Salah satu Alsintan / Gambar : http://pphtp.tanamanpangan.pertanian.go.id)


Dari Alsintan Hingga Usaha Jasa : Upaya Meningkatkan Produktivitas di Tengah Pandemi

Alsintan adalah istilah  yang digunakan untuk menyebut alat mesin pertanian yang saat ini banyak dimanfaatkan di bidang pertanian. Alsintan sendiri mencakup berbagai jenis alat seperti : pengolah tanah, mesin tanam, sprayer, mesin pemanen, indo combine harvester, dan lain sebagainya. Pemanfaatan alsintan tentu saja berpengaruh jika diterapkan di kondisi sekarang, dimana pandemi Covid-19 memberi dampak terhadap berbagai hal, termasuk pemutusan kerja secara besar-besaran yang dilakukan oleh beberapa perusahaan bahkan menjadi salah satu faktor langkanya pekerja di bidang pertanian. 

(Optimalisasi alsintan untuk proses produksi pertanian / Gambar : suara.com)

(Optimalisasi alsintan untuk proses produksi pertanian / Gambar : suara.com)

Keberadaan alsintan diharapkan tidak hanya mendukung para petani untuk menghasilkan produksi yang lebih optimal dan berkualitas, namun sebagai salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas di tengah-tengah pandemi. Selain itu, kita tidak perlu lagi merasa khawatir dengan kurangnya jumlah pekerja, karena alsintan saat ini justru menghemat tenaga dan  menjadi sarana bagi seseorang yang ingin belajar mengendalikan mesin pertanian. Optimalisasi penggunaan alsintan diharapkan juga mendapatkan dukungan dari pemerintah, mengingat keberhasilan swasembada pangan sebagian besar terjadi karena peran alsintan. Apabila produktivitas pangan terjaga, maka pertanian yang maju dan stabil menjadi alasan mengapa kita harus mengupayakan teknologi di bidang pertanian.

Selain mengoptimalkan penggunaan alsintan, upaya produktivitas lainnya yang dapat dilakukan (atau bahkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuka usaha jasa) di tengah pandemi, adalah sebagai berikut : 

Produk ‘The New Normal

(Meningkatnya permintaan masker kain / Gambar : Nusabali)

(Meningkatnya permintaan masker kain / Gambar : Nusabali)The new normal adalah istilah yang dikenalkan oleh ahli sebagai tatanan hidup baru saat menghadapi pandemi Covid-19. Kebiasaan baru seperti memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak memunculkan beberapa produk yang dibutuhkan orang banyak. Masker, face shield, dan sabun adalah segelintir contoh produk yang sering dicari. Setiap tempat membutuhkan sabun untuk mencuci tangan, masyarakat pun dihimbau untuk disiplin menggunakan masker. Berdasarkan kondisi tersebut, Anda bisa mengelola bisnis pembuatan face shield dan masker kain dalam industri rumah tangga.

Katering Makanan

Kondisi pandemi menuntut masyarakat untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Kebosanan akibat menetap di rumah terlalu lama dinilai mempengaruhi produktivitas sebagian orang dalam hal memasak. Biasanya, mereka menggunakan jasa delivery order dan tidak jarang membutuhkan jasa catering makanan harian yang diantar ke rumah. Kondisi tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengelola bisnis katering makanan.

Usaha Jasa Kebersihan

(Gambar : Pinterest)

(Gambar : Pinterest)

Jenis-jenis industri usaha jasa yang dapat Anda kelola adalah jasa cuci mobil, motor dan cuci baju atau laundry. Kebutuhan masyarakat dalam memenuhi standar kebersihan mendorong mereka untuk lebih sering membersihkan kendaraan pribadi. Selain itu, jasa laundry pun tidak kalah penting. Pegawai yang dibutuhkan juga tidak banyak, sekitar 1-3 orang saja.

Usaha Jasa Bimbingan Belajar

(Tutor daring yang dapat anda pertimbangkan sebagai salah satu ide industri jasa rumah tangga. / Gambar : Pinterest)

(Tutor daring yang dapat anda pertimbangkan sebagai salah satu ide industri jasa rumah tangga. / Gambar : Pinterest)

Pandemi turut merubah kebiasaan belajar tatap muka yang digantikan dengan pembelajaran daring. Banyak orang tua murid yang kemudian kewalahan dengan tugas ganda–bekerja sembari mengajari anak, yang kemudian lebih memilih untuk menggunakan jasa tutor daring. Tidak hanya mencakup satu daerah saja, Anda bisa memperluas cakupan mengingat metode yang digunakan adalah jarak jauh.

Tidak hanya meraup keuntungan, keberadaan alsintan maupun usaha jasa diharapkan dapat mempertahankan produktivitas masyarakat di tengah-tengah pandemi. Selamat mencoba!

BACA  2 Jenis Struktur Bangunan yang perlu kamu ketahui! (Bagian 1)

EdukasiPertanian

alat pertanianalsintan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.