Drone dalam Forestry atau Pekerjaan Kehutanan


Drone dalam Forestry atau Pekerjaan Kehutanan

Drone untuk Agriculture & forestry

Drone pertanian memungkinkan petani melihat ladang mereka dari udar. Pandangan dapat mengungkapkan banyak masalah seperti masalah irigasi, variasi tanah, dan serangan hama dan jamur. Gambar multispektral menunjukkan tampilan inframerah-dekat serta tampilan spektrum visual. Kombinasi tersebut menunjukkan kepada petani perbedaan antara tanaman sehat dan tidak sehat, perbedaan yang tidak selalu terlihat jelas dengan mata telanjang. Dengan demikian, pandangan ini dapat membantu dalam menilai pertumbuhan dan produksi tanaman.

Forestry / kehutanan memiliki sektor yang sama dengan pertanian yang lain namun  penggunaan drone untuk aplikasi termasuk inventarisasi kerusakan hutan. Hasil pengujian telah menguntungkan dan potensi besar telah diidentifikasi untuk teknologi digital bergerak maju.

 

Image by NEMAX UNC

Apa kelebihan drone dibanding satelit?

Keuntungan drone dibanding satelit adalah dapat memantau matriks yang sangat kompleks, seperti lanskap perladangan berpindah dan hutan, atau tempat-tempat dengan fragmentasi intens habitat dan pertanian area kecil. Dalam banyak sistem pertanian, pohon-pohon di pertanian seringkali hanya lindung nilai. Tetapi untuk masyarakat Dayak misalnya, di Kalimantan, itu adalah campuran yang sangat rumit dari tanah bera, kebun campuran, karet dan jalur hutan. Sebagian besar satelit tidak dapat membedakan karena resolusi (10 hingga 30 m), tetapi dengan drone, kita dapat memetakan pola butiran halus lanskap ini dengan benar. Anda dapat menggunakan satelit dengan resolusi lebih tinggi, tetapi selalu sangat mahal dan seringkali sangat sulit untuk mendapatkan datanya.

Penutupan awan juga merupakan masalah besar dengan satelit. Di daerah tropis yang lembab, kadang-kadang Anda mendapatkan satu citra daerah yang bagus per tahun, dan terkadang tidak. Jadi drone muncul sebagai alat yang berpotensi bagus karena Anda dapat menghindari penutup awan. Juga, jika saya memeriksa peta vegetasi dan tidak yakin tentang tipe hutan atau vegetasi, saya biasanya menghabiskan satu hari untuk memeriksanya dengan berjalan kaki, tetapi sekarang saya dapat mengirim drone, dan dalam 20 menit, saya tahu. Jadi itu sangat, sangat berguna. Dan pada saat yang sama Anda bisa mendapatkan gambar yang sangat bagus dan dramatis tentang kehidupan masyarakat desa.

BACA  Contoh inovasi pertanian modern drone sprayer indonesia

Seberapa luas wilayah yang bisa di jangkau oleh drone?

Dengan jenis drone yang kami gunakan, kami melakukan sekitar 2.000 hingga 4.000 hektare dalam satu misi. Dibutuhkan antara tiga dan empat hari hingga satu minggu, tergantung cuaca. Jika berangin atau hujan, drone tidak bisa diterbangkan.

 

by openforest

 

Berikut yang dapat dilakukan Drone dalam Forestry atau Pekerjaan Kehutanan

1. memperbaiki perencanaan pengelolaan hutan

Rencana pengelolaan hutan menetapkan tujuan yang dimiliki pemilik tanah atas tanahnya, diikuti dengan serangkaian tindakan yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, rencana ini juga berisi informasi tentang faktor-faktor seperti luas areal, batas, tegakan hutan, spesies kayu, dan inventaris biologis. Teknologi UAV sangat berguna sebagai alat dalam pembuatan rencana ini. Perencana hutan menghemat banyak waktu dan juga, kualitas rencana dapat ditingkatkan secara substansial.

2. Dokumentasikan tindakan

Seperti disebutkan di bagian sebelumnya, teknologi drone dapat sangat membantu dalam hal mendokumentasikan tindakan, baik yang telah dilakukan, tetapi juga yang direkomendasikan oleh perencana hutan. Sebagai contoh, data yang ditangkap oleh drone dapat memberikan informasi tentang potensi kebutuhan untuk pembersihan atau penipisan; Ini dapat memetakan rejeki nomplok setelah badai, mengurangi biaya untuk memulihkan kayu yang jatuh. Itu juga dapat mendokumentasikan kerusakan mengemudi setelah dan tindakan korektif dapat diambil.

3. Mendeteksi dan mengelola hama dan penyakit

Hama dan penyakit dapat menjadi bahaya besar bagi kelangsungan hidup hutan. Kabar baiknya adalah bahwa dengan menggunakan teknologi drone, dimungkinkan untuk mendeteksi wabah pada tahap awal, sehingga tindakan korektif dapat segera diambil. Selain itu, dengan pengetahuan ini, pemilik tanah dapat mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi hutan mereka dari serangan di masa depan. Dalam situasi ini, menguntungkan untuk melengkapi drone Anda dengan kamera multispektral, yang kita bicarakan lebih lanjut di posting blog ini tentang pertanian presisi yang memanfaatkan UAV.

4. Mengelola dan mencegah kebakaran hutan

Area aplikasi drone penting lainnya di bidang kehutanan, di mana drone bahkan dapat menyelamatkan nyawa manusia, adalah menangani kebakaran hutan. Drone dapat, misalnya, membantu petugas pemadam kebakaran melacak jalur api dan mengidentifikasi lokasi dan intensitas hotspot, membantu para pembuat keputusan mengarahkan kegiatan pemadam kebakaran. Setelah kebakaran, menggunakan pesawat tak berawak adalah cara yang sangat efisien untuk menemukan hotspot yang mungkin menyebabkan kebakaran kembali. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang pengendalian kebakaran hutan menggunakan drone di salah satu posting blog kami sebelumnya.

BACA  Keuntungan Investasi Drone dalam Pertanian Agriculture

5. Mengelola hutan tanaman skala besar

Akhirnya, teknologi drone telah menjadi alat yang semakin populer ketika datang untuk menilai dan mengelola hutan tanaman. Drone dapat memberi pemilik informasi tentang faktor-faktor vital seperti volume, tinggi pohon, serta kondisi keseluruhan perkebunan.

 

Agricultural Dronecontoh inovasi pertanianPemetaan

aplikasi pemetaan droneartikel pertanian modernbenefits of drones in agriculturedrone pertanianperbedaan pemetaan dengan drone dan satelitspesifikasi drone untuk pemetaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.