Drone hilang sinyal penyebab dan cara mudah memperbaiki


Drone terdiri dari beberapa komponen utama yang perlu anda ketahui :

Motor, Propeller, ESC ( Electronic speed controller ), Baterai, Kamera dan Radio transmitter receiver, pada artikel ini hanya akan dibahas mengenai penyebab drone hilang sinyal yaitu pada bagian radio controll transmitter dan receiver yang bertanggung jawab atas kontrol pesawat drone anda, radio controll bekerja pada frekuensi 2.4Ghz secara default sedangkan untuk jarak jangkauan dari RC radio secara default antara 100-1000 meter.

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas sinyal RC

  • Interferensi Signal Sekitar
  • Besar Daya Transmitter
  • Kondisi geografis area terbang

Interferensi Signal / signal

Interferensi adalah sinyal pengganggu yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan drone hilang sinyal dimana frekuensinya berdekatan atau sama dengan sinyal yang diinginkan serta berdaya besar. Dalam dunia telekomunikasi dan IT yang berbasis satelit ada hal yang tidak mungkin dihindari yaitu gangguan/ Interferensi, namun dengan batasan toleransi tertentu masih dapat diterima. di dunia RC interferensi datang dari signal wifi hotspot yang memiliki frekuensi sama yaitu 2.4Ghz untuk itu hindarilah tempat dengan banyak tower wifi / accespoint ketika anda bermain RC aeromodeling

 

Besaran daya transmitter

Transmitter / TX Radion bekerja pada frekuensi 2.4Ghz berikut merupakan alasan mengapa frekuensi 2.4Ghz dipilih dalam dunia RC :

Reliability
Beroperasi pada 2.4 Gigahertz membuat kontrol radio terhindar dari frekuensi ‘noise’  yang disebabkan oleh komponen elektronik di pesawat drone/ pesawat rc Anda – seperti motor, ESC dan noise dari  logam ke logam – yang dapat memengaruhi Sistem rc 35 megahertz.

Peningkatan kinerja
Kecepatan data yang tinggi dari sistem 2,4 GHz menawarkan kontrol yang lebih cepat, lebih responsif, jika dibandingkan dengan sistem 35 MHz standar.

Keselamatan dan keamanan

Jelas, hal terakhir yang Anda butuhkan saat mengemudikan helikopter RC adalah segala sesuatu yang dapat menyebabkan kehilangan kendali atau crash. Di daerah perkotaan Anda mungkin tidak sadar jika tetangga Anda juga terbang dengan frekuensi yang sama dengan Anda. Keamanan built-in dari sistem 2.4G memungkinkan Anda untuk mempertahankan kontrol radio setiap saat, memastikan keamanan Anda dan orang lain di sekitar Anda.

BACA  Pemetaan Digital dan Photogrametry dengan Pesawat UAV Apa dan Bagaimana

Konsumsi daya yang lebih rendah
Dalam rentang kontrol yang sama (hingga 250m), sistem 2.4G hanya akan mengkonsumsi sebagian kecil daya yang dibutuhkan oleh sistem 35mhz – sekitar 4mW dibandingkan dengan 750mW – hemat £ pada baterai AA – dan memungkinkan Anda terbang lebih lama!

Besaran daya terhadap reliability RC

RC transmitter dengan merk yang umum seperti flysky, frsky, spektrum, futaba dll secara default memiliki power RF 25-150mW, sebuah transmitter 75mW mampu mencapai jarak 600meter dengan receiver standard dan minimal interferensi begitu pun dengan power yang kurang atau lebih akan sangat berpengaruh terhadap jarak jangkauan sinyal drone.

Kondisi geografis area terbang

Kondisi geografis area anda terbang juga berpengaruh terhadap kualitas sinyal drone anda, seperti yang kita ketahui dari topik sebelumnya bahwa hobby RC menggunakan frekuensi 2.4ghz yang mempunyai banyak kelebihan namun juga memiliki kelemahan yaitu frekuensi tinggi mempunyai daya penetrasi lebih rendah ( tidak bisa menembus objek yang tebal ) dari sinilah diketahui jika anda terbang dibalik objek yang besar seperti pegunungan atau bangunan beton besar kemungkinan anda akan kehilangan sinyal/kontrol RC.

 

8 hasil pertanian indonesiaArtikel pertanian modernBlog

aplikasi pemetaan dronecara kalibrasi dronedrone hilang sinyalpenggunaan drone untuk pertanianuav pemetaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.