Sektor pertanian di Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan berkat penerapan teknologi modern. Inovasi-inovasi pada teknologi pertanian membawa dampak positif bagi petani dan sektor pertanian secara keseluruhan. Kehadiran drone sprayer merupakan salah satu penerapan teknologi modern saat ini yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, produktifitas dan mengurangi beban kerja petani.

Drone sprayer menggabungkan teknologi pesawat tanpa awak (UAV) dengan sistem penyemprotan cairan untuk memberikan solusi yang cepat dan presisi dalam penyemprotan pestisida, pupuk, atau bahan kimia lainnya ke lahan pertanian.

Berikut Kelebihan Penggunaan Drone Sprayer Bagi Petani:

 

1. Memberikan efesiensi waktu penyemprotan lahan

Salah satu manfaat yang dirasakan dalam penggunaan drone pertanian adalah perihal efesiensi waktu yang dibutuhkan dalam melakukan penyemprotan lahan. Drone spraying dengan kemampuanya dapat menyemprotkan cairan keatas tanaman dengan produktivitas hingga 1-2 Hektar/Jam. Jika dibandingkan dengan cara konvensional tentu waktu yang dibutuhkan jauh lebih efisiens dengan menggunaakan teknologi drone spraying.

2. Menekan biaya operasional

Drone spraying dapat memangkas biaya perawatan tanaman hingga 30% dibandingkan dengan cara konvensional, dari mulai penyemprotan pupuk, pestisida, herbisida dan cairan lainnya dapat dilakukan dengan efisien dan efektif. Hal ini memungkinkan para petani dapat menghemat pengeluaran dari biaya operasional selama melakukan perawatan tanaman.

3. Pengaplikasian yang tepat sasaran

Keunggulan dari drone spraying yang sangat penting adalah dapat melakukan penyemprotan pada lahan tanaman secara merata, drone spraying dilengkapi dengan sistem navigasi yang canggih dan dapat deprogram sedemikian rupa untuk melakukan penyemprotan secara presisi, termasuk pada area-area yang sulit dijangkau jika dilakukan dengan cara penyemprotan konvensional.

Baca: 5 Fakta Menarik Drone Sprayer Pertanian FERTO

4. Kemudahan penggunaan

Drone spraying telah dirancang agar mudah digunakan oleh pengguna melalui remote control yang dilengkapi dengan fitur-fitur khusus seperti GPS dan sensor-sensor untuk membantu dalam stabilisasi dan navigasi. Seperti drone FERTO yang telah didesain untuk mudah digunakan oleh para petani.

BACA  Bisnis yang Dapat Dilakukan dengan Drone atau UAV

5. Meminimalisir paparan penggunaan bahan kimia.

Dengan penggunaan drone pertanian, petani tidak perlu untuk khawatir masalah kesehatan mereka, karena drone dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui remote control yang memungkinkan para petani tidak perlu bersentuhan langsung dengan bahan kimia berbahaya.

Dengan demikian, penggunaan drone dalam sektor pertanian memberikan kemudahan yang sinigfikan kepada para petani untuk melakukan pengelolaan lahan tanaman mereka lebih efisien dan produktivitas. Oleh karena itu pemilihan penggunaan teknologi drone dalam pertanian bukan hanya merupakan pilihan yang cerdas secara ekonomi, tetapi juga merupakan suatu langkah untuk menuju pertanian yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan bagi masa depan.

 

Author

FDS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to Kontak@fulldronesolutions.com

× Apa Yang Bisa Saya Bantu ?