Drone dalam inspeksi & investigasi pipeline deteksi dini kebocoran pipa gas minyak


Ratusan KM jaringan pipa membentang di Indonesia, membawa minyak dan gas dari sumur ke kilang. Dengan pipa apa pun, korosi dapat menyebabkan kebocoran dan merupakan risiko yang signifikan. Bukan hanya kebocoran yang berpotensi menimbulkan bencana bagi lingkungan, tetapi juga dapat menelan biaya tidak sedikit untuk memulihkan dan mengambil waktu bertahun-tahun untuk membersihkannya. Memeriksa jaringan pipa adalah kebutuhan yang menantang, menghabiskan waktu, dan mahal bagi perusahaan O & G.

Metode Drone Thermal Vision

Karena risiko kerugian yang disebabkan oleh cacat dalam sistem perpipaan, itu harus secara teratur dan hati-hati diperiksa. Sayangnya, biasanya dalam prakteknya ada kemungkinan kerusakan pipa yang lebih tinggi; lebih sulit untuk memeriksanya. Sistem pipa sering terletak di bawah tanah atau berjalan selama beberapa kilometer di mana akses jalan dibatasi, sifat sekitarnya tidak tercapai dan akses ke jaringan pipa sangat sulit atau tidak mungkin. Tidak mungkin secara manusiawi untuk memeriksa secara visual semua dan memasang sistem pengukur internal (pengukur tekanan, pengukur aliran) secara finansial menuntut dan tidak terlalu dapat diandalkan karena tidak mencakup semua tempat berisiko.

Untuk menyelesaikan masalah memeriksa saluran pipa jarak jauh, solusi elegan dan sederhana tersedia pada pandangan pertama. Aplikasi UAV dengan kamera yang dapat terbang di atas seluruh panjang pipa saat merekam dan menampilkan adegan yang dipantau secara real time.

Operator mengendalikan pesawat drone  dari tempat yang aman memiliki gambaran langsung tentang kondisi saluran pipa dan jika mengidentifikasi cacat, dapat fokus secara detail dan secara pribadi memeriksa area tersebut. Namun, kamera tradisional untuk spektrum yang terlihat hanya menemukan sebagian kecil dari cacat, atau hanya merekam area dengan kerusakan atau kebocoran yang terlihat.

 

Gambar diatas merupakan jenis kamera yang mammpu menangkap citra thermal , Dimana kamera tradisional tidak bisa mendeteksi cacat pada insulasi panas internal dan pelepasan media di bawah permukaan tanah. Dengan penemuan tepat waktu area di mana isolasi lebih tipis atau di mana kelongsong di tabung rusak, kecelakaan besar dapat dicegah yang akan mengakibatkan kerugian ekonomi dan ancaman bagi kesehatan dan kehidupan masyarakat. Kamera termal dapat mendeteksi cacat tersebut dan merekam radiasi termal objek. Atas dasar perbedaan ke permukaan pipa dan pengalaman operator, cacat tersembunyi dapat ditemukan. Sangat mudah untuk mengidentifikasi di mana isolasi rusak dan kehilangan panas terjadi (selama transportasi media pemanas). Dalam kasus pipa bawah tanah, setiap penetrasi air panas menyebabkan bumi yang terkena panas, sehingga mungkin untuk menemukan di mana saluran pipa rusak di bawah tanah. Ini berarti bahwa, tidak perlu lagi menggali kilometer pipa karena penemuan tempat pelarian. Suhu yang berbeda dari latar belakang dan area tipis berarti ada risiko pemutusan pipa sehingga intervensi tepat waktu dapat mencegah konsekuensi fatal.

 

Kesimpulan

Drone untuk inspeksi & investigasi pipeline deteksi dini kebocoran pipa gas minyak

Dengan metode survey di atas sangat mungkin untuk melakukan inspeksi jalur pipa air, minyak bumi dan gas secara automatic menggunakan drone/UAV dan kamera thermal yang mendukung sehingga pencegahan dan penanganan akan lebih cepat dilakukan dengan resiko dan biaya lbih rendah. Fulldronesolutions.com sudah menyediakan jasa inspeksi object dan survey wilayah lengkap dengan efisiensi tinggi.

PemetaanServiceUncategorized

harga jasa pemetaan udarajenis drone untuk pemetaanuav pemetaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Show Buttons
Hide Buttons