( Engineer holding hard hat construction, freepik )

( Engineer holding hard hat construction, freepik )


Fungsi Teknologi Konstruksi : Peran dan Peluang Dalam Teknologi Konstruksi

Fungsi Teknologi Konstruksi selain memberikan gambaran ruang rancang sebuah bangunan yang efektif, efisien dan hemat. Tahukah kamu bahwa peran teknologi konstruksi juga sangat penting dalam kemajuan suatu negara. Mengapa begitu? Dengan banyaknya sumber daya manusia dan berkembangnya teknologi konstruksi yang dimiliki oleh suatu negara, maka pembangunan infrastruktur di negara tersebut akan semakin maju dan semakin mumpuni.

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani menjelaskan bahwasanya infrastruktur merupakan salah satu pendukung dari berkembangnya industri-industri kreatif di Indonesia. Dengan adanya kemajuan infrastruktur maka perdagangan, bisnis dan dan industri industri lainnya juga ikut terbangun, yang pada akhirnya bisa menciptakan Indonesia yang maju.

Peluang dalam bidang pembangunan di Indonesia juga akan semakin banyak, melihat seiring berjalannya waktu pemerintah dan investor asing banyak menanamkan modal untuk membangun infrastruktur. Mulai dari jalan raya, gedung gedung di daerah terpencil, listrik, transportasi baik jalur darat maupun jalur laut. Oleh karena itu bagi kamu yang ingin berkontribusi dalam segi pembangunan dan konstruksi peluang kamu sangat besar sekali dikarenakan Indonesia masih sangat membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni dalam bidang konstruksi untuk berkontribusi dalam pembangunan dan infrastruktur. Selain peluang dalam industri ini sangat besar, jumlah dan nominal gaji yang ditawarkan juga tidak sedikit.

Jika kamu tertarik mempelajari mengenai teknik sipil, pembangunan dan teknologi industri tentunya banyak sekali perguruan tinggi negeri maupun swasta yang bisa kamu jadikan pilihan untuk belajar mengenai teknik sipil dan teknologi konstruksi, contohnya adalah ; Universitas maupun Institut Negeri di Indonesia ada Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Institut Pertanian Bogor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Andalas , Universitas Syiah Kuala, Universitas Lampung.

Dan untuk perguruan tinggi swasta beberapa pilihan yang bisa kamu pilih adalah ; Universitas Tarumanagara, Universitas Kristen Petra,Universitas Trisakti, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, Universitas Pelita Harapan, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Mercu Buana dan Universitas Bina Nusantara dan masih banyak lainnya.

BACA  Contoh Teknologi Konstruksi Yang Ada Disekitar Kita

 

Sumber :

Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Indonesia Untuk Investasi

https://www.investindonesia.go.id/id/artikel-investasi/detail/pentingnya-pembangunan-infrastruktur-indonesia-untuk-investasi

28 Kampus Teknik Sipil Terbaik di Indonesia 2020

https://kampusaja.com/teknik-sipil-terbaik/

 

EdukasiTeknologi Konstruksi

EdukasiPembangunanTeknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.