GPS RTK adalah ?


Definisi GPS RTK

Penentuan posisi real-time kinematic (RTK) adalah teknik navigasi satelit yang digunakan untuk meningkatkan ketepatan data posisi yang diperoleh dari sistem penentuan posisi berbasis satelit .

GPS RTK menggunakan pengukuran fase gelombang pembawa sinyal sebagai tambahan terhadap konten informasi dari sinyal dan bergantung pada stasiun referensi tunggal atau stasiun virtual yang diinterpolasi untuk memberikan koreksi waktu nyata.

Dengan mengacu pada GPS pada khususnya, sistem ini biasanya disebut sebagai peningkatan fase-pembawa, atau CPGPS. memiliki aplikasi dalam survei tanah, survei hidrografi, dan navigasi kendaraan udara tak berawak.

gps rtk adalah alat ukur pemetaan

Hal-hal yang perlu diketahui tentang GPS RTK

✔ Tingkat akurasi  RTK
✔ Perhitungan Range pada GPS RTK
✔ Jaringan GPS RTK

Definisi masing-masing

Tingkat Akurasi RTK

RTK digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan akurasi lebih tinggi, seperti pemosisian tingkat sentimeter, akurasi hingga 1 cm + 1 ppm.

Perhitungan Range pada GPS RTK 

gps rtk pemetaan

Pada tingkat konseptual yang sangat mendasar, kisaran dihitung dengan menentukan jumlah siklus pembawa antara satelit dan stasiun rover, kemudian mengalikan angka ini dengan panjang gelombang pembawa.

Rentang yang dihitung masih termasuk kesalahan dari sumber-sumber seperti jam satelit dan ephemerides, dan penundaan ionosfer dan troposfer.

Untuk menghilangkan kesalahan ini dan untuk mengambil keuntungan dari presisi pengukuran berbasis operator, kinerja RTK memerlukan pengukuran yang akan dikirim dari stasiun pangkalan ke stasiun rover.

Proses rumit yang disebut ambiguity resolution diperlukan untuk menentukan jumlah seluruh siklus. Meskipun merupakan proses yang kompleks, penerima GNSS presisi tinggi dapat menyelesaikan ambiguitas hampir secara instan.

Rovers menentukan posisi satelit menggunakan algoritma yang menggabungkan resolusi ambiguitas dan koreksi diferensial.

Koreksi seakurat lokasi stasiun pangkalan yang diketahui dan kualitas pengamatan satelit stasiun pangkalan. Pemilihan lokasi penting untuk meminimalkan efek lingkungan seperti interferensi dan multipath, seperti kualitas stasiun pangkalan dan penerima rover dan antena.

Jaringan GPS RTK

Jaringan RTK adalah didasarkan pada penggunaan beberapa stasiun permanen yang tersebar luas di dunia.

Bergantung pada implementasinya, data pemosisian dari stasiun permanen secara teratur dikomunikasikan ke stasiun pemrosesan pusat.

Atas permintaan dari terminal pengguna RTK, yang mentransmisikan perkiraan lokasi mereka ke stasiun pusat, stasiun pusat menghitung dan mentransmisikan informasi koreksi atau posisi yang diperbaiki ke terminal pengguna RTK.

Manfaat dari pendekatan ini adalah pengurangan keseluruhan jumlah BTS RTK yang dibutuhkan. Bergantung pada implementasinya, data dapat dikirim melalui tautan radio seluler atau media nirkabel lainnya.

8 hasil pertanian indonesiajasa survey pemetaanTutorial

gambar alat pertanian moderngps kapalGPS RTKjenis drone untuk pemetaanteknologi droneuav pemetaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Show Buttons
Hide Buttons