Anak Belajar di Rumah? Yuk, Gunakan Drone Pemula Sebagai Media Belajar!

Gambar : Family Vacation Critic

Gambar : Family Vacation Critic


Anak Belajar di Rumah? Yuk, Gunakan Drone Pemula Sebagai Media Belajar!

Mengingat saat ini anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, tidak ada salahnya apabila Anda mendorong anak untuk belajar menggunakan drone pemula. Bagi sebagian orang, menetap di rumah merupakan hal yang menyenangkan; bekerja dari rumah, memiliki banyak waktu untuk istirahat, dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Lantas, bagaimana dengan anak-anak? Berdasarkan survei yang melibatkan 943 anak di 251 desa di 35 kabupaten/kota di beberapa wilayah di Indonesia, Wahana Visi Indonesia memaparkan setidaknya 42,6 persen anak merasa bosan belajar di rumah. Meski belajar di rumah diprediksi hanya berjalan  beberapa bulan saja, tetapi kebijakan tersebut nyatanya masih diterapkan hingga tahun depan.  Kondisi ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Mempertahankan semangat dan ketertarikan anak untuk belajar di tengah-tengah pandemi bukanlah hal mudah. Media pembelajaran daring pun terkesan membosankan karena berkutat dengan smartphone dan laptop saja. 

Gambar : Watchdog Review

Oleh karena itu, untuk mengikis bosan dan menambah pengalaman baru, drone pemula menjadi salah satu media yang tepat bagi anak  untuk belajar. Tidak hanya mengajar bagaimana mengenali dan mengendalikan drone, beberapa konsep seperti ilmu teknologi, lingkungan, bahkan astronomi pun bisa diajarkan. Berikut alasan mengapa drone menjadi media pembelajaran yang baik untuk mengasah anak dalam berbagai ilmu pengetahuan. 

Awal yang Baik Mengenalkan Anak Pada Dunia Teknologi 

Drone merupakan salah satu produk kemajuan teknologi yang bisa dikenalkan kepada anak sebagai bentuk pendekatan terhadap konsep STEM (Science, technology, engineering, dan math). Berikan pemahaman kepada mereka bahwa dari tahun ke tahun teknologi membantu peradaban manusia. Misalnya, pemahaman bahwa drone memiliki andil mempermudah pekerjaan manusia dalam berbagai bidang : perfilman, pertanian, bahkan pemadam kebakaran.

Meningkatkan Produktivitas di Halaman Rumah Menggunakan Drone 

Tetap di rumah bukan berarti tidak melakukan kegiatan di luar rumah. Beri pemahaman kepada anak untuk sesekali menggunakan halaman sebagai tempat belajar. Untuk mengendalikan drone, ajak mereka ke ruang terbuka dan biarkan mereka mengeksplorasi apa yang ada di sekitar rumah. Jangan lupa menggunakan masker, ya! 

Gambar : LittleOneMag

Selain Produktif, Drone Pemula Mengajari Anak Tentang Ilmu Fisika 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengenalkan konsep fisika yang diimplementasikan dalam drone. Misalnya ; pesawat nirawak atau pesawat tanpa awak yang  sebagian besar menggunakan konsep momentum sudut, lift, dorongan, dan sebagainya. Sebagai contoh, sebagian drone menggunakan pisau berputar (drone propeller) untuk menekan udara ke bawah–persis seperti konsep kerja elevator. Selain itu, ajak mereka untuk menganalisa bagaimana drone bergerak secara vertikal dan horizontal, proses mengamati akan membantu  anak dalam memecahkan masalah. 

Gambar : Family Vacation Critic

Gambar : Family Vacation Critic

Menerbangkan Drone di Sekitar Rumah Untuk Belajar Mengenali Lingkungan 

Ajak mereka untuk menelusuri sekitar rumah dan sekolah. Akan lebih menyenangkan apabila mengajak mereka untuk mengenali jenis pohon atau tumbuhan yang terekam drone. Mereka bisa menebak dan membedakan bentuk tanaman serta mempelajari jenis-jenisnya. Bagaimana? Seru, bukan? Di rumah saja  tidak lagi menjadi alasan bagi anak untuk merasa bosan. Kegiatan belajar bervariasi, kedekatan orang tua dengan anak pun terjalin semakin dekat. Tahun 2020 adalah tahun yang tepat untuk mengenalkan anak kepada drone. Selamat mencoba, parents!

BACA  Tips Mengabadikan Fotografi Hewan Peliharaan dengan Drone Kamera

EdukasiTeknologi DroneUncategorized

dronedrone anakdrone pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.