Inspeksi Thermal secara Live dengan Dronedeploy


Mendefinisikan ulang Alur Kerja Inspeksi

Dalam penginderaan thermal jarak jauh, pola radiasi objek yang tak terlihat dikonversi menjadi gambar yang terlihat dan gambar ini disebut termogram atau gambar termal. Gambar termal dapat diperoleh dengan menggunakan sensor portabel, genggam atau termal yang digabungkan dengan sistem optik yang dipasang pada pesawat atau satelit. Teknologi ini adalah teknik non-invasif, non-kontak dan non-destruktif yang digunakan untuk menentukan sifat termal dan fitur dari setiap objek yang menarik dan karenanya dapat digunakan di banyak bidang, di mana panas dihasilkan atau hilang dalam ruang dan waktu. Potensi penggunaan penginderaan jauh termal di pertanian termasuk pembibitan dan pemantauan rumah kaca, penjadwalan irigasi, deteksi penyakit tanaman, memperkirakan hasil buah, mengevaluasi kematangan buah-buahan dan deteksi memar pada buah-buahan dan sayuran. Makalah ini mengulas aplikasi pencitraan termal dalam pertanian dan potensi penggunaannya dalam berbagai praktik pertanian.

Kamera termal beresolusi tinggi memungkinkan untuk melihat di luar spektrum yang terlihat dan mendeteksi tanda tangan panas. Industri seperti konstruksi, pertanian, matahari, dan atap menggunakan citra termal untuk menemukan masalah yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Tetapi sampai sekarang, butuh berjam-jam atau berhari-hari untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang dihasilkan dari inspeksi drone termal. Dan secara tradisional, inspeksi termal terbatas pada area yang dapat diakses atau pesawat berawak yang diperlukan yang biasanya menghasilkan data resolusi rendah dengan harga tinggi. Hari ini, itu semua berubah.

Tidak seperti solusi lain, Thermal Live Map menggunakan kemajuan terbaru dalam komputasi tepi untuk memproses peta drone termal secara lokal pada perangkat iOS. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengunggah dan memproses citra termal, dan memberi tim Anda data untuk menargetkan area masalah dengan cepat.

 

Kamera yang digunakan untuk survey thermal

Flir Vue

  • Dimensi 2,26 ″ x 1,75 ″ (57,4 x 44,4 mm) (termasuk lensa); Berat 3,25-4 oz. (92.1 – 113.4 g) (tergantung konfigurasi)
  • Tegangan Input 4.0 – 6.0 VDC; Resolusi 336 × 256; 9 mm; 35 Derajat x 27 Derajat
  • Kisaran Suhu Operasi -20 Derajat C hingga +50 Derajat C; Kisaran Suhu Non-Operasional -55 Derajat C hingga +95 Derajat C;
  • Ketinggian Operasional +40.000 kaki
  • Imager Thermal, VOX Micro bolometer yang tidak didinginkan
  • Antarmuka komunikasi Bluetooth, MAVLink, dan USB; output video komposit
BACA  Hasil pertanian di indonesia menurut menteri pertanian 2019

Dirancang untuk penggunaan profesional, FLIR Vue Pro lebih dari sekadar kamera termal, FLIR Vue Pro adalah instrumen pengukuran termal dan perekam data yang menambah nilai luar biasa pada operasi dan layanan sUAS Anda.

Zenmuse XT 

  • Dimensions 103 mm x 74 mm x 102 mm
  • Exportable Frame Rates 7.5 Hz NTSC; 8.3 Hz PAL
  • Pixel Pitch 17 µm
  • Scene Range [high gain] 640 × 512:-13° to 275°F (-25° to 135°C), 336 × 256:-13° to 212°F (-25° to 100°C)
  • Scene Range [low gain] -40° to 1022°F (-40° to 550°C)
  • Spectral Band 7.5 – 13.5 µm
  • Spot Meter Temperatures measured in central 4×4
  • Thermal Imager Uncooled VOx Microbolometer

DJI Zenmuse XT membuat pencitraan panas udara berjalan di taman. Ini adalah kombinasi dari kecakapan DJI dalam mengembangkan gimbal dengan spesialisasi pencitraan termal terkemuka di pasar dari FLIR. Hal ini memungkinkan pengguna seperti layanan darurat atau mereka yang berada di sektor pertanian dapat memindai dengan presisi yang tak tertandingi, di area yang luas, kemudian menyimpan hasilnya untuk dianalisis dan membuat laporan mendalam.

Seperti disebutkan sebelumnya, kamera pada Zenmuse XT telah dikembangkan oleh FLIR Systems, arsitek terkenal dari beberapa sensor terbaik yang ada. Menyediakan pemindaian inframerah sensitivitas tinggi pada 640 / 30fps atau 336 / 30fps (kualitas tergantung pada model), kamera XT menyediakan pembacaan suhu yang tepat.

Yuneec Thermal Camera

  • Focal lenght  23mm
  • Weight 275 g
  • Dimensi 81 x 108 x 138 mm
  • Sensor 1/2.8″ 2.13MP
  • ISO range 100 – 12800
  • Shutter speed 1/30 – 1/8000 s
  • Video resolution 1920 x 1080p / 30 FPS
  • Photo format JPEG, TIFF (14bit RAW)
  • Video format MP4
  • FOV, DIAGONAL Low-light camera: 90° // thermal imaging camera: 71°
  • FOV, HORIZONTAL Thermal imaging camera: 56°
  • Sensitity < 50 mK
  • LWIR wave length  8 – 14 μm
  • Temp equalizations  automatic
  • Temperature measure range -10° – 180°
  • Operating temp -10° – 40°C
  • Storage temp -10° – 50°C

Yuneec CGOET untuk H520 adalah kombinasi inovatif dari pencitraan termal dan kamera cahaya rendah dengan gimbal 3-sumbu, yang mampu melakukan rotasi 360 ° terus menerus. Dengan kamera pencitraan termal, suhu dalam gambar secara selektif mengukur dan menunjukkan perbedaan suhu relatif. Lensa RGB cahaya residual memiliki sensitivitas 20x lebih tinggi daripada mata manusia dan menangkap gambar yang sangat baik, terutama dalam kondisi cahaya rendah.

BACA  Drone sprayer buatan indonesia untuk mendukung pertanian berkelanjutan

 

Solusi Inspeksi Real-Time drone deploy

Thermal Live Map dapat digunakan dalam industri apa pun untuk mengumpulkan wawasan langsung di lapangan. Berikut adalah beberapa cara sektor energi, konstruksi, pertanian, dan keselamatan publik dapat memanfaatkan teknologi inovatif ini.

 

Sektor yang memungkinkan untuk dilakukan survey thermal drone

Konstruksi & Inspeksi atap

Inspeksi bangunan dan atap sangat berbahaya untuk dilakukan secara manual dengan tenaga manusia dan dapat memakan waktu berjam-jam untuk mengidentifikasi area yang bermasalah. Drone membuat mereka lebih aman. Pekerja tidak lagi harus mengukur tangga atau berjalan di atap scara langsung untuk menyelidiki masalah Thermal Live Map menunjukkan dengan tepat bidang-bidang yang bermasalah – seperti keretakan, kebocoran, dan kerusakan struktural – dalam beberapa menit dan meminimalkan risiko keselamatan. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengatasi secara proaktif risiko yang ada dan potensial, mencegah bencana di lokasi, dan pada akhirnya menyelamatkan nyawa.

Pencegahan kebakaran hutan/ penanganan kebakaran hutan

Kehadiran drone dalam dunia automasi mampu membawa banyak manfaat seperti dalam bidang forestry atau kehutanan drone berperan penting dalam melakukan inspeksi udara untuk mencegah terjadinya kebakaran dengan menggunakan sensor thermal untuk mengetahui titik-titik panas/hotspot kemudian dilakukan tindakan lebih lanjut seperti penyiraman air atau tindakan pencegahan lain.

Peranan drone dalam kebakaran hutan

Bantuan & Pengurangan resiko

Drone mendukung operasi pemadaman kebakaran dengan memberikan pandangan langsung ke lokasi kejadian kebakaran, yang memberikan informasi kepada petugas pemadam kebakaran real time tentang bagaimana kebakaran terjadi.

Respon atas bencana

UAV dapat memberi petugas pemadam kebakaran cara yang cepat dan aman untuk menangkap informasi terkait peristiwa bencana seperti banjir, gempa bumi, dan angin topan.

Penyelamatan korban

Menggunakan kamera termal, petugas pemadam kebakaran dapat menemukan orang-orang yang mungkin terperangkap di tingkat atas bangunan, atau dalam kebakaran, dan memfokuskan upaya mereka untuk menyelamatkan mereka.

 

Agriculture Sector

 

Inspeksi Thermal secara Live dengan Dronedeploy membantu penanam stres di lapangan secara real time. Mereka dapat dengan mudah menemukan masalah irigasi, mendeteksi kematangan, dan menganalisis kesehatan tanaman sejak dini untuk menginjak area yang bermasalah dan menghindari panen yang hilang.

BACA  Pertanian modern di indonesia dan perkembangan teknologi penunjang

Kesimpulan

Dengan menggunakan software dronedeploy anda dapat melakukan inspeksi thermal jarak jauh secara life (langsung)  sehingga proses inspeksi menjadi lebih cepat dan mengurangi risiko dalam inspeksi manual sebeumnya proses ini berlangsung tanpa memerlukan koneksi internet & sd card namun data di transmisikan secara langsung melalui wireless atau device sejenis . Namun jika anda tidak mempunyai banyak waktu ataupun pengalaman dalam inspeksi thermal fulldronesolutions menyediakan jasa inspeksi thermal, ndvi dan pemetaan lain.

 

 

Agricultural DroneUncategorized

aplikasi pemetaan dronedrone pemetaan dan pengolahanya tutorial lengkapharga drone spryerinspeksi thermal uav droneperbedaan pemetaan dengan drone dan satelitteknologi drone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.