Artikel pertanian modern

Jenis Pupuk Kimia dan Kandunganya – Pertanian Indonesia

Jenis Pupuk Kimia dan Kandunganya

Pupuk adalah bahan yang ditambahkan ke dalam tanah untuk menyediakan unsur-unsur esensial bagi pertumbuhan tanaman. Tindakan mempertahankan dan meningkatkan kesuburan tanah dengan penambahan dan penggembalian zat-zat hara secara buatan diperlukan agar produksi tanaman tetap normal atau meningkat. Tujuan penambahan zat-zat hara tersebut memungkinkan tercapainya keseimbangan antara unsur-unsur hara yang hilang baik yang terangkut oleh panen, erosi, dan pencucian lainnya. Tindakan pengembalian/penambahan zat-zat hara ke dalam tanah ini disebut pemupukan. Jenis pupuk yang digunakan harus sesuai kebutuhan, sehingga diperlukan metode diagnosis yang benar agar unsur hara yang ditambahkan hanya yang dibutuhkan oleh tanaman dan yang kurang didalam tanah Pupuk kimia dapat disebut sebagai pupuk sintesis atau anorganik.

Secara umum pupuk hanya dibagi dalam dua kelompok berdasarkan asalnya, yaitu:
1. Pupuk organik

Pupuk Organik, yaitu pupuk yang berasal dari sisa tanaman, hewan atau manusia seperti pupuk kandang, pupuk hijau dan kompos (humus) berbentuk cair maupun padatan yang antara lain dapat memperbaiki sifat fisik dan struktur tanah, dapat meningkatkan daya menahan air, kimia tanah, biologi tanah

2. Pupuk anorganik/pupuk kimia

Pupuk anorganik adalah pupuk yang dibuat oleh pabrik-pabrik pupuk dengan meramu bahan-bahan kimia (anorganik) berkadar hara tinggi. Misalnya, pupuk urea berkadar N 45-46% artinya setiap 100% kg urea terdapat 45-46 kg hara nitrogen.

Pupuk anorganik memiliki kelebihan mudah disimpan, harga relatif lebih murah, mudah diserap oleh tanaman, lebih mudah memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman dengan komposisi yang sesuai ( persentase ) dan penggunaan pupuk lebih mudah dilakukan.

 

Jenis pupuk anorganik untuk tanaman sehat

 

Kandungan pupuk kimia ( Anorganik )

NPK Fertilizer

NPK sendiri merupakan sebuah singkatan, di mana pupuk tersebut memiliki kandungan unsur hara Nitrogen (N), Phosphat (P) dan Kalium (K), sehingga digabungkan menjadi NPK. Selain unsur hara makro, beberapa produsen pupuk juga menambahkan unsur hara mikro seperti klorida, boron, besi, mangan, kalsium, magnesium, sulfur, tembaga, seng, dll untuk meramu sebuah formulasi yang disesuaikan dengan peruntukannya. Bentuk produk pupuk NPK yang beredar di pasaran pun cukup bervariasi. Pupuk NPK padat bisa berupa tablet, pelet, briket, granul serta bubuk, sedangkan pupuk NPK cair muncul dengan aneka tingkat kelarutan. Setiap jenis merk pupuk NPK memiliki komposisi kandungan yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan tanaman.
Salah satu jenis pupul kimia NPK adalah merek Phonska yang dipasarkan keseluruh Indonesia pada bulan agustus tahun 2000. Pupuk phonska diproduksi oleh sebuah BUMN , yaitu PT. Petrokimia Gresik. Pupuk NPK tersedia dalam 2 ukuran yaitu kemasan 20 kg dan 50 kg. Pupuk jenis ini hanya bisa didapatkan oleh petani-petani yang tergabung dalam kelompok tani yang sudah terdaftar.

BACA  Hasil pertanian di indonesia menurut menteri pertanian 2019

Persentase Kandungan Pupuk Phonska

  • Nitrogen (N) ; 15%
  • Phosphat (P) ; 15%
  • Kalium (K) : 15%
  • Sulfur (S) ; 10%
  • Kadar air maksimal : 2%

Pengaplikasian

Pupuk phonska ( NPK ) dapat di aplikasikan dengan baik pada tanaman Cabai, Tomat, Terung, Pare, Timun, Oyong, Kubis, Sawi, Brokoli, Selada, Kangkung, Bayam, bawang Merah, Bawang Putih, Kentang & Wortel

Pupuk Urea

jual pupuk urea

Pupuk urea adalah pupuk yang mengandung nitrogen (N) berkadar tinggi sebesar 45% – 56%. Pupuk ini termasuk salah salah satu jenis pupuk higroskopis sehingga lebih mudah menguap di udara. Bahkan pada kelembaban 73%, urea sudah dapat menarik uap air dari udara sehingga mudah larut dalam air serta mudah diserap oleh tanaman. Zat nitrogenmembantu metabolisme tanaman. Umumnya, pupuk urea memiliki tekstur yang cukup kasar. Pupuk urea berbentuk butiran-butiran seperti kristal dengan warna putih.

Persentase Kandungan Pupuk Urea

  • Rumus kimia NH2 CONH2.
  • Mudah larut dalam air dan sifatnya sangat mudah menghisap air (higroskopis).
  • Mengandung unsur hara N sebesar 46%.

Pengaplikasian

Biasa digunakan untuk tanaman jagung, padi dan umbi-umbian

Pupuk KCL

pupuk KCL indonesia

 

Pupuk KCL adalah salah satu penyubur tanah yang bersifat anorganik dengan konsentrasi tinggi. Yakni sekitaran 60 % K2O sebagai kalium klorida yang sangat cocok digunakan di berbagai tanaman yang toleran terhadap unsur Clorida serta digunakan pada tanah dengan kadar Clorida yang rendah. Pupuk yang mengandung kalium harus dapat diterapkan di mana cadangan kalium tanah tidak memadai. Kalium bisa diterapkan sebagai pupuk langsung, atau sebagai bagian dari pupuk yang dicampur dengan senyawa nitrogen dan fosfor.

Persentase Kandungan Pupuk KCL

  • KCL 80 yang memiliki kandungan K2O sebesar 53%
  • KCl 90 yang memiliki kandungan K2O sebesar 58%

TSP Fertilizer

Sama dengan jenis pupuk yang lain, pupuk TSP banyak digunakan oleh para petani karena keunggulannya dan bagus untuk pertumbuhan tanaman. Pupuk TSP sendiri terbagi menjadi dua yaitu pupuk organik yang memanfaatkan berbagai macam limbah yang ada di lingkungan sekitar. Dan pupuk anorganik yaitu pupuk buatan dari sebuah pabrik. Pupuk TSP merupakan nutrient organik yang digunakan untuk memperbaiki unsur hara tanah dalam hal budiaya pertanian. Pupuk Triple Super Phosphate (TSP) memiliki kandungan diantaranya seperti fosfor sekitar 44-46% dalam bentuk P2O5. Jadi wajar jika pupuk TSP ini sering disebut sebagai sumber fosfor bagi pertumbuhan tanaman.

BACA  Perkembangan pertanian di indonesia 2019 - 2020 era 4.0

 

 

Artikel bermanfaat yang lain

 

Sumber :

https://eprints.umm.ac.id/52277/3/BAB%20II.pdf

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/26/134300276/ketahui-jenis-jenis-pupuk-npk-dan-kandungannya?page=all

http://eprints.polsri.ac.id/5107/3/File%20III.pdf

Author

FDS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to buayainstrument@gmail.com

× Apa Yang Bisa Saya Bantu ?