Pertanian

7 Jenis Usaha Pertanian yang Mudah dan Menguntungkan

Usaha Dibidang Pertanian

Saat ini, sangatlah sulit untuk mencari pekerjaan dalam kondisi pandemi sedangkan pelamar/fresh graduate semakin bertambah setiap tahunnya. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membuka lapangan pekerjaan sendiri yaitu dengan berwirausaha. Contoh bidang bisnis potensial yang dapat dijalankan di masa pandemi seperti sekarang ini yaitu usaha pertanian

Seiring perkembangan zaman, kini peran IPTEK dalam bidang pertanian semakin maju dan melahirkan paradigma baru. Terlebih lagi Pemerintah telah mendukung peningkatan dalam sektor pertanian dengan melakukan berbagai program contohnya yaitu Program Padat Karya Pertanian, Banpres Produktif UMKM Sektor Pertanian, dsb. Namun, program tersebut akan sia-sia jika tidak ada kontribusi dari masyarakat secara langsung.

Usaha Pertanian
Jenis Usaha Pertanian ( Foto oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels)

7 Jenis Usaha Pertanian

Berdasarkan rangkuman penulis yang termasuk dalam usaha pertanian adalah ada 7 jenis usaha pertanian yang dapat dijalankan di bidang pertanian di masa pandemi seperti berikut.

Toko Alat-Alat Pertanian

Indonesia merupakan negara agraris yang mana sektor pertanian masih menjadi sebagian besar mata pencaharian para penduduknya. Mencoba bisnis alat pertanian memiliki peluang yang besar karena bisnis ini dapat dijalankan baik di kota maupun di desa dan akan selalu dibutuhkan dengan arti permintaan akan stabil dan cenderung naik. 

Untuk dapat memulai bisnis toko alat-alat pertanian tidak selalu harus dengan modal yang besar dengan modal kecil pun sudah bisa untuk membuka bisnis ini dengan menjadi reseller bahkan tanpa modal pun masih bisa menjadi dropshipper. Toko alat-alat pertanian pada umumnya menjual alat untuk menunjang bercocok tanam seperti sekop tangan, polybag, garpu tanah, dll.

Tanaman Sayur Organik

Ditengah pandemi seperti ini, sangat disarankan untuk menjaga kesehatan salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan seperti sayur-sayuran. Namun sayur yang dikonsumsi juga harus terjamin kualitas dan kesehatannya seperti sayuran organik. 

Sayur organik sehat karena ditanam di media tanah namun tanpa menggunakan pupuk kimia, pestisida, atau herbisida. Saat ini permintaan sayuran organik semakin tinggi. Inilah yang membuat peluang bisnis tanaman sayur organik sangat menjanjikan pada masa sekarang ini.

Tanaman Sayur Hidroponik

Memulai bisnis tanaman hidroponik memiliki peluang usaha yang tinggi karena digemari banyak orang terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Tanaman hidroponik ditanam dengan menggunakan media air yang mengandung mineral untuk membantunya tumbuh. 

Oleh sebab itu, harga tanaman hidroponik lebih mahal ketimbang sayuran yang ditanam secara konvensional. Hal ini tak terlepas dari segi tanaman hidroponik yang jauh lebih sehat dan bersih. 

Usaha Tanaman Hias

Saat ini trend tanaman hias sedang digandrungi oleh berbagai kalangan baik dari yang muda maupun orang tua. Selama pandemi berlangsung, berkebun menjadi aktivitas yang banyak dilakukan dan merupakan salah satu trend hobby. Ini yang membuat bisnis tanaman hias menjadi usaha yang sangat menguntungkan karena banyak diminati. 

Selain itu, modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal namun profit yang didapatkan dari melakukan bisnis tanaman hias sangat tinggi. Namun, pelaku usaha juga harus mengenai terlebih dahulu kebutuhan tanaman meliputi jenis tanaman yang paling banyak diminati, perawatan, dll. 

Usaha Tanaman Toga

Tanaman toga memiliki potensi untuk menghasilkan peluang usaha baru yang dapat dilakukan oleh petani maupun orang yang memiliki hobby tanaman di lahan pertanian. Di masa sekarang ini orang banyak membutuhkan obat-obatan herbal yang diolah dari tanaman toga.

Tanaman toga merupakan jenis tanaman yang mampu diaplikasikan sebagai obat herbal bermanfaat. Selain itu tanaman toga juga dapat digunakan untuk produk pada rumah sakit herbal, salon kecantikan, bahan kosmetik, spa, dll. Melihat peluang usaha yang sangat besar maka bisnis tanaman toga ini bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat. 

Untuk memulai usaha tanaman toga sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja karena tidak selalu harus memakai lahan luas. Dalam budidaya tanaman toga dapat dilakukan di depan rumah, kebun, pekarangan maupun di ladang. Sehingga modal yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan budget. Bisnis ini bisa mendatangkan untung yang maksimum meskipun dengan modal yang minim.  

Budidaya Rempah-Rempah

Rempah-rempah merupakan kebutuhan sehari-hari sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya untuk kebutuhan memasak. Oleh sebab itu peluang usaha ini banyak dijalankan oleh pebisnis karena memiliki keuntungan yang maksimal. 

Jenis rempah-rempah yang biasa dibudidaya adalah seperti jahe, lengkuas, cengkeh, lada, pala, ketumbar, bawang putih, bawang merah, seledri, dll. Rempah-rempah asli Indonesia memiliki kualitas yang bagus dan dikenal oleh masyarakat baik dalam negeri maupun luar. Sehingga ketika memulai bisnis ini tidak akan kesulitan untuk mencari pangsa pasar.  

Kios Pupuk Tanaman

Sebagai daerah agraris yang sebagian besar penduduknya adalah petani maka kebutuhan pupuk hingga obat tanaman sangat tinggi. Pupuk merupakan barang yang selalu dibutuhkan oleh para pelaku bisnis di bidang pertanian. 

Hal inilah yang menjadikan peluang bisnis ini sangat menguntungkan baik di desa maupun di kota. Selain bahan mudah untuk didapatkan pangsa pasarnya pun sudah jelas. Kios pupuk biasanya menjual pupuk kandang, pupuk kompos organik, pupuk cair, dll. selain itu anda juga bisa menambahkan penyewakan alat pertanian drone sprayer untuk mempermudah penyemprotan pupuk cair, untuk drone anda bisa memilih jenis drone Drone Sprayer 5L dari Produk FDS

Nah Itu tadi rangkuman full drone solution ada beberapa contoh peluang bisnis di bidang pertanian yang bisa anda coba, masih banyak lagi peluang usaha yang bisa dikembangkan di bidang pertanian seiring berkembangnya teknologi sebagai penunjang baik sarana dan prasarana yang semakin memudahkan di sektor pertanian. 

BACA  Fermentasi : Bioteknologi di Bidang Pertanian yang bermanfaat

Author

Full Drone Solutions

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to buayainstrument@gmail.com

× Apa Yang Bisa Saya Bantu ?