Ketahui Berbagai Manfaat Memiliki Sertifikasi Pilot Drone

(Sertifakasi Pilot Drone)

(Sertifakasi Pilot Drone)


Ketahui Berbagai Manfaat Memiliki Sertifikasi Pilot Drone

Sertifikasi pilot drone dibutuhkan untuk melegitimasi seseorang saat mengendalikan drone. Seseorang boleh mengendalikan drone apabila sudah memiliki sertifikat dan izin penerbangan. Berbagai resiko seperti : kecelakaan drone, drone jatuh, dan kejadian lainnya menjadi pertimbangan bagi pemerintah untuk memberlakukan regulasi sekaligus tersebut sekaligus menegaskan bahwa menerbangkan drone tidak boleh sembarangan dan ceroboh. Dari kemudahan dan cara mendapatkannya, berikut pertimbangan yang harus kalian ketahui sebelum melakukan sertifikasi pilot drone.

(Penerbangan drone untuk keperluan umum yang membutuhkan sertifikasi pilot drone / Gambar : siar.com)

(Penerbangan drone untuk keperluan umum yang membutuhkan sertifikasi pilot drone / Gambar : siar.com)

Patuh Terhadap Aturan Negara

Memiliki sertifikasi pilot drone bukan dimiliki semata-mata untuk lisensi dan urusan legal saja, lho. Aturan tersebut benar-benar diatur oleh pemerintah melalui Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara — Sertifikasi Perangkat dan Sertifikasi Pilot yang diatur dalam PM 163 TAHUN 2015. Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 107 (Civil Aviation Safety Regulation Part 107) tentang Sistem Pesawat Udara Kecil Tanpa Awak. Aturan tersebut diberlakukan untuk menghindari berbagai resiko yang menimpa pilot drone dan masyarakat sekitar.

(Dinas Pembinaan Potensi Dirgantara TNI Angkatan Udara dan komunitas drone melakukan uji coba penyemprotan desinfektan dengan menggunakan drone di Lapangan Aldiron, Jakarta Selatan, Kamis (26/3/2020) / Gambar : Kompas)

Mengurus Sertifikasi Mudah dan Murah

Mengurus sertifikasi terbilang mudah dan murah, sebelum mendaftar pastikan kamu menemukan lembaga yang menyediakan layanan sertifikasi pilot drone, misalnya APDI dengan syarat berupa : menjadi anggota penuh APDI (Asosiasi Pilot Drone Indonesia), memenuhi syarat keanggotaan, dan membayar iuran tahunan APDI. Untuk sertifikasi, kalian harus mengeluarkan biaya sebesar Rp100.000 untuk pra-sertifikasi dan Rp500.000 untuk sertifikasinya. Tes yang harus dilalui di antaranya adalah tes tertulis dan tes terbang, dengan penyampaian materi terlebih dahulu di awal prosesnya. Selanjutnya, lolos atau tidak berdasarkan dari kemampuanmu dalam menjawab soal dan menerbangkan drone. Selain APDI, lembaga yang memiliki wewenang menerbitkan sertifikasi adalah Dispotdirga (Dinas Pembinaan Potensi Dirgantara) dan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).

(Federasi Aero Sport Indonesia)

(Federasi Aero Sport Indonesia)

Manfaat yang bisa kamu dapatkan saat memperoleh sertifikasi adalah kredibilitas. Kamu tidak perlu khawatir tertangkap pihak berwajib saat menerbangkan drone karena sudah memiliki sertifikasi. Jika kamu sudah memiliki kredibilitas dalam menerbangkan drone, maka banyak orang akan mempercayai dan tidak khawatir saat proses penerbangan drone dilakukan. Selain itu, kamu akan memiliki kesadaran mengenai mengutamakan keselamatan orang lain dan lingkungan sekitar sebelum menerbangkan drone.

BACA  Mengenal Energi Panas Bumi 

EdukasiTeknologi Drone

dronepilotpilot dronesertifikasi pilot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.