Keuntungan Investasi Drone dalam Pertanian Agriculture


Keuntungan Investasi Drone dalam Pertanian Agriculture

Automasi Drone dalam sektor pertanian

Drone pertanian adalah UAV( Unmaned Aerial Vehicle)  yang diterapkan pada pertanian untuk membantu meningkatkan produksi tanaman dan memantau pertumbuhan tanaman. Sensor dan kemampuan pencitraan digital dapat memberi petani gambar yang lebih kaya dari bidang mereka. Informasi ini mungkin terbukti bermanfaat dalam meningkatkan hasil panen dan efisiensi pertanian.

Drone pertanian memungkinkan petani melihat ladang mereka dari langit. Pandangan mata burung ini dapat mengungkapkan banyak masalah seperti masalah irigasi, variasi tanah, dan serangan hama dan jamur. Gambar multispektral menunjukkan tampilan inframerah-dekat serta tampilan spektrum visual. Kombinasi tersebut menunjukkan kepada petani perbedaan antara tanaman sehat dan tidak sehat, perbedaan yang tidak selalu terlihat jelas dengan mata telanjang. Dengan demikian, pandangan ini dapat membantu dalam menilai pertumbuhan dan produksi tanaman.

Selain itu, drone dapat mensurvei tanaman untuk petani secara berkala sesuai dengan keinginan mereka. Gambar mingguan, harian, atau bahkan setiap jam, dapat menunjukkan perubahan pada pangkasan dari waktu ke waktu, sehingga menunjukkan kemungkinan “titik-titik masalah”. Setelah mengidentifikasi titik-titik masalah ini, petani dapat berupaya meningkatkan manajemen dan produksi tanaman.

 

Keuntungan Investasi Drone dalam Agriculture

 

Meningkatkan penghasilan

Dapat menemukan masalah yang berpotensi membatasi hasil secara tepat waktu. Tingkat perincian ini dapat membantu petani meningkatkan produksi dan efisiensi yang mengarah pada hasil yang lebih tinggi.

Menghemat waktu

Salah satu manfaat utama drone dalam bertani adalah kemampuan untuk menjelajahi bidang pertanian dengan cepat dan efisien. Daripada meminta petani mengevaluasi ladang secara manual dengan berjalan kaki atau dengan traktor, teknologi ini memungkinkan petani untuk mendapatkan pengetahuan langsung tentang status ladang mereka dalam periode waktu yang lebih singkat. Informasi ini dapat dikumpulkan kapan pun dan di mana pun dibutuhkan, meminimalkan waktu respons yang diperlukan untuk mengatasi masalah dan memelihara tanaman.

Pengembalian Investasi

Pada rata-rata $ 2 per hektar / Rp 30.000 untuk inspeksi visual berjalan atau survei udara untuk mengambil gambar ladang tanaman, ROI pada pembelian drone helikopter udara dapat dipenuhi dengan cepat. Dalam sebagian besar operasi, ROI untuk drone kami dapat dicapai dalam musim panen atau kurang, membuat Anda memiliki drone yang mengurangi biaya operasi Anda dan meningkatkan hasil panen Anda dengan memberi Anda informasi tepat waktu yang Anda butuhkan untuk intervensi manajemen cepat.

BACA  Tutorial agisoft membuat orthomosaic & DEM fotogrametri UAV cara mudah

Kemudahan penggunaan
Produk-produk UAV bisa sangat rumit untuk diatur dan dioperasikan, tetapi dengan standar kami, kami memungkinkan operator baru memiliki kepercayaan diri untuk beroperasi sejak awal.

Pemetaan GIS terintegrasi
Gambarlah batas bidang untuk pola penerbangan. Peta ini adalah kunci untuk meningkatkan hasil, memotong biaya, dan mendorong bisnis Anda ke depan. Ini menyoroti area tanaman mana saja yang perlu diperiksa lebih dekat

Survey Kesehatan Tanaman

Teknologi drone baru sangat efektif dalam mengumpulkan data untuk membantu petani meningkatkan kesehatan tanaman. Melihat kesehatan sejati bidang Anda dalam kontras warna memungkinkan Anda melihat seberapa banyak sinar matahari diserap oleh kanopi tanaman. Drone yang terbang di atas lapangan dapat mengumpulkan pengukuran ketinggian tanaman dengan mengumpulkan informasi jangkauan dari kanopi tanaman dan tanah di bawahnya.

Efisiensi air dan manfaat lingkungan lainnya

Kamera termal mampu mendeteksi area bidang yang lebih dingin, berair baik, serta patch panas kering. Petani dapat menggunakan data ini untuk menyesuaikan irigasi lapangan dan menghindari pemborosan air berlebih. Kemampuan untuk meningkatkan optimalisasi air ini sangat berharga di daerah yang dilanda kekeringan . Dan dengan meningkatkan efisiensi air dan pupuk, teknologi drone juga membantu mengurangi kelebihan pupuk yang mengalir ke sungai dan aliran terdekat. Lebih sedikit limpasan mengurangi mekar alga dan zona mati di sistem air kita.

 

Kesimpulan

image by imagenesmy

Dengan drone agriculture FDS maka segala keuntungan dan kemudahan diatas bisa di dapatkan dengan mudah tersedia berbagai pilihan drone pertanian dari 10-23liter payload sehingga dapat dengan mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan .

Agricultural DroneArtikel pertanian moderncontoh inovasi pertanian

aplikasi pemetaan droneartikel pertanian modernbenefits of drones in agriculturedrone pemetaan dan pengolahanya tutorial lengkapdrone pertanianharga drone spryerjenis drone untuk pemetaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.