Membuat Drone dengan Arduino : Mengenal Arduino, Si kecil Yang Bermanfaat

( Drone, instructables.com )

( Drone, instructables.com )


Membuat Drone dengan Arduino : Mengenal Arduino, Si kecil Yang Bermanfaat

Selama pandemi COVID 19 ini semua orang cenderung menghabiskan banyak waktu dirumah, tentu saja menghabiskan waktu dirumah dalam jangka waktu yang cukup lama membuat kamu jenuh, bukan? Bagi kamu yang ingin merakit sesuatu yang bermanfaat kamu bisa coba membuat Drone milikmu sendiri mulai sekarang nih dengan menggunakan alat-alat yang tidak terlalu sulit dan mahal. Sebelum membuat drone dengan arduino milikmu sendiri, mari kita belajar mengenai apa itu Arduino.

(Arduino, digiwarestore.com)

(Arduino, digiwarestore.com)

Arduino

Bagi orang orang yang sudah mempelajari atau baru mempelajari elektronika  pastinya sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini.  Arduino merupakan sebuah minimum sistem mikrokontroler bersifat open-source yang banyak digunakan untuk membagun sebuah project elektronika. 

Mengapa Arduino?

Penggunaan Sederhana 

Dibandingkan alat elektronika yang lain, menggunakan arduino termasuk salah satu pilihan yang tepat bagi pemula. Arduino telah digunakan di ribuan proyek dengan aplikasi yang berbeda-beda.

Fleksibel dan Mudah di Akses

Arduino juga mampu berjalan di Mac, Windows, dan Linux. 

Mudah dicari dan berbiaya rendah

Arduino dapat dibeli di toko elektronika juga di e-commerce seperti Buaya Instrument, Lazada, Shopee, Bukalapak dan Tokopedia. Guru dan siswa juga menggunakannya untuk membuat instrumen ilmiah berbiaya rendah, untuk membuktikan prinsip kimia dan fisika, atau untuk memulai pemrograman dan robotika. Desainer dan arsitek membuat prototipe interaktif, musisi dan seniman menggunakannya untuk instalasi dan bereksperimen dengan alat musik baru. 

Selama bertahun-tahun Arduino sudah digunakan dan menghasilkan ribuan proyek, mulai dari objek sehari-hari hingga instrumen ilmiah yang kompleks.  Platform Arduino berisi dua yaitu perangkat keras / hardware berupa board dan sebuah perangkat lunak / software atau IDE (Integrated Development Environment) yang berjalan pada komputer, digunakan untuk menulis dan mengisikan program ke board Arduino.

Semua papan pada Arduino sepenuhnya open-source yang berarti dapat diberdayakan oleh pengguna untuk membangunnya secara mandiri dan akhirnya menyesuaikannya dengan kebutuhan khusus mereka. Perangkat lunaknya, juga open-source, dan berkembang melalui kontribusi pengguna di seluruh dunia.

Platform Arduino menjadi sangat populer bagi orang-orang yang ingin memulai belajar elektronika khususnya mikrokontroler, karena dengan menggunakan Arduino tidak lagi memerlukan hardware tambahan (sering disebut downloader) untuk mengisikan program ke dalam board mikrokontroler, tapi hanya perlu kabel USB saja yang disambungkan dari komputer ke board Arduino. 

Bahasa pemrograman yang dituliskan pada Arduino IDE menggunakan bahasa pemrograman C++ yang telah disederhanakan, sehingga dapat lebih mudah dimengerti. Sebuah board Arduino didesain dengan standar bentuk board serta posisi dan susunan pin/port sehingga dapat lebih mudah digunakan dan diakses dengan perangkat lain. 

Sumber :

What is Arduino?

https://www.arduino.cc/en/guide/introduction

Apa itu Arduino

https://www.bluino.com/2019/09/apa-itu-arduino_13.html

BACA  Mengapa Harus Menggunakan Jasa Pemetaan, Inspeksi dan Survey Drone

Uncategorized

ArdiunodroneEdukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.