Mengenal Lebih Dekat Fungsi Teknologi Konstruksi Bagi Pembangunan

(Hard hat construction, investopedia)

(Hard hat construction, investopedia)


Mengenal Lebih Dekat Fungsi Teknologi Konstruksi Bagi Pembangunan

Ketika melihat hotel, menara dan bangunan tinggi dan megah lainnya pernahkah kamu penasaran dengan bagaimana dan apa saja bahan-bahan yang digunakan untuk membangun sebuah gedung dan bangunan serta seperti apa perhitungannya? Nah ilmu yang mempelajari mengenai bangunan dan teknologinya adalah teknik sipil, salah satu cabang dari teknik sipil adalah konstruksi. Dalam artikel ini kamu akan mempelajari dan mengenal lebih dekat fungsi teknologi konstruksi bagi pembangunan di Indonesia. 

Di Indonesia teknologi konstruksi dipelajari di bangku perkuliahan, pada jurusan teknik sipil dan pembangunan. Konstruksi adalah ilmu yang digunakan untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan perbaikan bangunan. Di jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana proses pembuatan bangunan dengan memperhatikan fungsi, aspek struktural, keindahan, dan ekonomi.

Konstruksi merupakan salah satu cabang dari teknik sipil yang berhubungan langsung dengan masyarakat umum, karena setiap orang ingin memiliki hunian yang indah. Dahulu kala dalam sejarah bangunan memang sudah ada dan dulu hanya digunakan untuk tujuan berteduh, seiring berjalannya waktu perubahan terjadi secara revolusioner, pada awalnya bangunan hanya dibuat dari batu dan lumpur sekarang zaman sudah semakin canggih dan modern. Pembangunan zaman sekarang dibangun menggunakan berbagai bahan seperti batu, kayu, beton, logam, kaca dan lain lain.

Fungsi utama teknologi konstruksi adalah memberikan gambaran ruang rancang sebuah bangunan yang efektif, efisien dan hemat dalam segi materi dan bahan yang digunakan namun tetap mempertahankan dan memperhitungkan standar dan kualitas sebuah bangunan yang layak tinggal. Teknologi konstruksi sangat penting dalam perhitungan pembangunan karena menitikberatkan pada masalah kenyamanan dan keamanan yang akan dirasakan oleh pemilik bangunan. Jenis bangunan, material seperti apa yang cocok pada lokasi dan jenis tanah tertentu, juga dari ancaman bahaya seperti hewan liar maupun faktor alam seperti di daerah yang rawan terkena banjir, maupun bencana alam lainnya. Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi konstruksi di Indonesia juga berpengaruh dengan pembangunan infrastruktur. Dengan perkembangan teknologi konstruksi, dan sumber daya manusia yang lebih baik maka perkembangan infrastruktur di Indonesia akan semakin baik.

 

BACA  Jasa Sewa Drone Pertanian Di Indonesia

Sumber :

Construction Technology

http://www.understandconstruction.com/construction-technology.html

Konstruksi

https://campus.quipper.com/majors/id-konstruksi

Teknologi konstruksi

https://suneducationgroup.com/app/sun-media-app/field-study-app/construction-technology-teknologi-konstruksi/#:~:text=Teknologi%20Konstruksi%20merupakan%20jurusan%20yang,perancangan%2C%20serta%20dalam%20manajemen%20konstruksinya.

EdukasiTeknologi Konstruksi

EdukasiPembangunanTeknologi konstruksiteknologi modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.