Mengintip Kesuksesan Bisnis Drone di Negara China

China/Tiongkok adalah negara adidaya yang berhasil memproduksi berbagai alat canggih untuk mempermudah pekerjaan manusia. Bisnis drone adalah satu dari sekian banyak industri yang sukses dikembangkan oleh China, sekaligus bertahan memiliki pabrik drone sendiri. Sejarah adanya drone berawal dari kebutuhan alat militer yang membutuhkan pesawat tanpa pilot. Karena drone militer sudah tercukupi kebutuhan dronenya, maka di tahun 2006, Federal Aviation Administration (FAA) di Amerika Serikat mengeluarkan izin bagi penerbangan drone non-militer dan sejak saat itu produksi drone mulai menjamur.

Industri Drone di China

Kehadiran drone di China membawa semangat baru, negara tirai bambu tersebut mengerahkan segenap kekuatannya untuk memproduksi drone dengan kualitas yang baik., sekaligus tidak menyerah untuk menjadi nomor satu di bidang industri teknologi. China sendiri sudah mulai menggunakan drone sejak tahun 1950 dan mulai membangun pabrik sendiri di tahun 1966. Awalnya, China menerima bantuan dari Uni Soviet dan berakhir memutuskan untuk mendanainya sendiri. Dari tahun 1980 hingga akhir abad 20, China menunjukkan peningkatan drastis dalam mengelola teknologi drone. Hal tersebut bersamaan dengan meningkatnya permintaan dan bisnis drone di negara lain yang mengandalkan China sebagi eksportir.

Shenzhen pusat pembuatan drone terbesar di China | Gambar: chinadailyhk.com

Shenzhen pusat pembuatan drone terbesar di China | Gambar: chinadailyhk.com

Shenzhen: Kota Besar di China Pusat Pabrik Drone

Shenzhen adalah kota di area Guangdong, Tiongkok dengan jumlah penduduk sekitar 6 juta jiwa. Menurut 1421.consulting, Shenzhen merupakan kota dimana lokasi pabrik drone terbesar ada di situ. Pada tahun 2017, Shenzhen berhasil memproduksi sekitar 30 juta drone dengan pemasaran ditujukan di berbagai wilayah, termasuk 180 negara. Permintaan drone yang meningkat membuat China mendorong Shenzhen untuk semakin aktif mengembangkan dan menambah produksi drone sekaligus berkompetisi dengan perusahaan drone lainnya.

Berbagai Perusahaan Drone Populer di China

Da-Jiang Innovations (DJI)

Perusahaan DJI tercatat memiliki pelanggan tersebar di 100 negara, memiliki 1.500 hak paten, serta menguasai hampir 70% pasar bisnis drone di seluruh dunia.

 Intellifusion

BACA  Mengenal Indo Combine Harvester : Mesin Solutif Pendukung Swasembada Beras

Intellifusion adalah pabrik yang fokus menciptakan teknologi kecerdasan buatan atau biasa disebut dengan visual artificial intelligence, yang pengelolaannya berdasarkan vision chips, pembelajaran intens, dan teknologi big data.

Kesuksesan China dalam menciptakan pabrik drone tidak lepas dari kepekaan mereka dalam melihat peluang dan kesempatan. Apakah Anda berminat untuk memulai menjalani bisnis drone? Atau merasa ragu karena tidak memiliki pengetahuan cukup dalam mengoperasikan drone? 

Anda tidak perlu khawatir. Full Drone Solution menawarkan Paket Mitra Usaha; paket khusus bagi petani maupun pengusaha yang ingin memiliki bisnis sewa drone. Dapatkan pelayanan pendampingan dan konsultasi teknis penerapan drone selama 6 bulan dan biaya servis selama 12 bulan FREE; ditangani oleh ahli di bidang drone pertanian. Khusus pembelian dengan Paket Mitra Usaha, Anda akan mendapatkan promo penggantian sparepart drone hingga 30%. Untuk informasi, pertanyaan dan penawaran lainnya kunjungi fulldronesolutions.com | Selamat mencoba!

Bisnis DroneEdukasi

bisnis dronebisnis sewa dronepersewaan drone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.