sumber : Unsplash

Peluang Bagi Anda yang Ingin Membuka Tempat Sewa Drone Jogja

Sebelum membahas mengenai rekomendasi tempat sewa drone Jogja, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang tren menggunakan drone sebagai alat canggih yang membantu pekerjaan manusia. Bahkan di tahun 2016, lembaga riset pasar NPD Group melaporkan kenaikan penjualan drone naik hingga 117 persen. Sejak semula kepopuleran drone sudah diprediksi akan terus menanjak seiring berkembangnya fitur seperti auto pilot dan follow mode. Semakin canggih dan berkualitas, keberadaan drone sering dicari dan tidak jarang dimanfaatkan untuk mempermudah tugas manusia. Berikut sejumlah pekerjaan yang membutuhkan teknologi drone:

Bidang Dokumentasi dan Film

Coba perhatikan, semakin hari kualitas perfilman dan dokumentasi menjadi lebih keren dan cantik (apalagi kalau yang di-shoot adalah pemandangan dari atas). Pekerjaan mengambil gambar yang biasanya mengandalkan helikopter menjadi lebih mudah karena menggunakan drone. Tidak hanya perfilman, fotografi pun turut menambah daftar pekerjaan yang membutuhkan teknologi drone.

 Survei Perencanaan Lahan Berskala Besar

Survei perencanaan lahan biasanya membutuhkan pemetaan wilayah yang terbilang rumit dan susah dijangkau. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit, karena sebelumnya melibatkan alat besar di jalur darat. Meski begitu, kehadiran drone mempermudah pekerjaan manusia di bidang pemetaan wilayah karena memiliki fitur berupa sensor dan akurasi posisi. Selain itu pemetaan wilayah juga dibutuhkan untuk mengerjakan proyek besar berupa bangunan dan infrastruktur.

Drone mapping/pemetaan wilayah menggunakan drone | Gambar: Shiny Drone

Drone mapping/pemetaan wilayah menggunakan drone | Gambar: Shiny Drone

Pertanian Modern turut Memanfaatkan Teknologi Drone

Siapa bilang bahwa pertanian terus-menerus menggunakan alat sederhana? Pertanian masa kini telah melakukan berbagai inovasi alsintan (alat mesin pertanian), termasuk menggunakan drone untuk mengerjakan beberapa tugas di antaranya;

  • Melakukan identifikasi terhadap tanaman pengganggu/gulma yang merusak kualitas tanaman produksi.
  • Melakukan identifikasi terhadap kesuburan tanah. Kamera dan sensor yang dimiliki drone bisa mengidentifikasi bagian mana saja memiliki kandungan hara yang tinggi dan mana yang bukan.
  • Mencegah terjadinya gagal panen karena kekurangan atau kelebihan aliran air. Drone di bidang teknologi turut mengidentifikasi area mana yang membutuhkan sedikit/banyaknya air.

Pada tahun 2016 luas lahan di Kota Yogyakarta tercatat 3.250 hektar, terdiri dari 60 hektar lahan sawah dan 3.190 hektar lahan bukan sawah.  Angka tersebut cukup besar untuk sebuah wilayah pertanian, hanya saja tergantung bagaimana masyarakat sekitar memanfaatkan keberadaan teknologi dalam pengelolaan produksi pertanian mereka.  Itulah alasan mengapa banyak orang mulai mencari dan tidak jarang membutuhkan tempat untuk menyewa drone, terutama di Jogja.

 

BACA  5 Perusahaan Penyedia Jasa Sewa Drone Di Indonesia

Full Drone Solutions  siap membantu Anda untuk mengaplikasikan fungsi drone di bidang pertanian maupun membuka bisnis sewa drone di wilayah Jogja. Jika Anda berminat, ada baiknya untuk mempertimbangkan penawaran dari Full Drone Solution berupa Paket Mitra Usaha; paket khusus bagi petani maupun pengusaha yang ingin memiliki bisnis sewa drone. Dapatkan pelayanan pendampingan dan konsultasi teknis penerapan drone selama 6 bulan dan biaya servis selama 12 bulan FREE; ditangani oleh ahli di bidang drone pertanian. Khusus pembelian dengan Paket Mitra Usaha, Anda akan mendapatkan promo penggantian sparepart sebesar 30%. Untuk informasi, pertanyaan dan penawaran lainnya kunjungi fulldronesolutions.com | Selamat mencoba!

Bisnis DroneEdukasi

bisnis sewa droneSewa Dronesewa drone jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.