Pemetaan dengan Menggunakan Drone DJI Phantom RTK


Pemetaan dengan Menggunakan Drone DJI Phantom RTK

 

by rise above

Sementara DJI sering merilis model drone baru setiap tahun, Phantom 4 RTK bukan drone biasa Anda. Ini adalah lompatan besar ke depan dan tidak diragukan lagi akan memiliki dampak signifikan pada pemetaan udara untuk tahun-tahun mendatang.

Mengapa? Munculnya quadcopter dengan kemampuan RTK bawaan berarti data drone yang sangat akurat sekarang dapat diakses oleh siapa saja. Data Phantom 4 RTK dapat diproses dengan DroneDeploy dan software yang terkait .

Mission Planner Software DJI RTK

image by heliguy

Aplikasi mission planning yang digunakan DJI Phantom 4 tidak menggunakan Mission Planner /MP namun menggunakan GPS RTK yang baru memungkinkan pilot untuk secara cerdas mengontrol Phantom 4 RTK mereka, dengan dua mode perencanaan – Fotogrametri dan Penerbangan Waypoint – di samping mode penerbangan yang lebih tradisional.

Mode perencanaan memungkinkan pilot memilih jalur penerbangan drone sambil menyesuaikan tingkat tumpang tindih, ketinggian, kecepatan, parameter kamera dan banyak lagi, menawarkan pemetaan otomatis atau alur kerja inspeksi.

Aplikasi GS RTK telah dibangun dengan mempertimbangkan penggunanya dan karenanya memiliki berbagai fitur yang dibangun untuk pemetaan kerja atau inspeksi tertentu.

Aplikasi ini telah menerapkan pemuatan langsung file area KML untuk perencanaan penerbangan di kantor, mode prioritas rana baru untuk menjaga pencahayaan konsisten di semua foto dan alarm angin yang kuat untuk memperingatkan pilot tentang kondisi buruk.

Fitur Drone DJI Phantom 4 RTK

  • Dilengkapi RTK Modul untuk positioning mencapai centimeter
  • Kamera 1″ CMOS dengan teknologi minim distorsi
  • Timesync system untuk akurasi posisi secara real-time
  • GS RTK App yang memudahkan dalam membuat misi pemetaan
  • OcuSync membuat range lebih jauh
  • D-RTK 2 Mobile Station untuk akurasi sub milimeter

 

Kekurangan dan Kelebihan DJI Phantom 4 RTK

Kelebihan 

  • Akurasi Posisi lebih tinggi dengan RTK system
  • Jangkauan video HD hingga 7 Km
  • Mudah di bawa karena bentuknya yang compact

Kekurangan

  • Endurance/ lama terbang hanya 30Menit
  • System telemetry tidak terlalu jauh
  • Tidak bisa di custom ( untuk sensor tambahan dll )

 

Kesimpulan

Drone DJI Phantom 4 RTK menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang baru dalam dunia pemetaan udara karena lebih mudah dalam mobilisasi, memiliki fitur gps rtk dan lebih stabil  namun kurang apabila untuk keperluan profesional mapping karena endurance/ketahanan terbang yang terbatas dan jangkauan telemetry yang tidak jauh serta tidak dapat ditambahi sensor tambahan seperti lidar, NDVI dll . Contoh drone rekomendasi pemetaan udara dengan fitur paling baik .

Related Link

 

dji indonesia dronejasa survey pemetaanPemetaan

aplikasi pemetaan dronedji indonesiadrone pemetaan dan pengolahanya tutorial lengkapharga jasa pemetaan udarajenis drone untuk pemetaanspesifikasi drone untuk pemetaanteknologi drone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Show Buttons
Hide Buttons