Uncategorized

Peran Drone Sprayer Dalam Pengelolaan Tanaman

Perkembangan teknologi di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, termasuk pada perkembangan teknologi drone diberbagai sektor industri. Pertanian menjadi salah satu sektor yang memanfaatkan teknologi drone sebagai alat untuk membantu dalam memberikan efisiensi dan efektifitas pengelolaan tanaman. Kemampuannya yang terbilang mumpuni dibandingkan dengan alat konvensional menjadi teknologi yang diharapakan kehadirannya dalam kegiatan pertanian individu ataupun kelompok, baik pada skala kecil ataupun pada sekala yang lebih besar.

Sebagai sektor yang berperan penting dalam kehidupan, pembangunan, dan perekonomian masyarakat Indonesia, pada tahun 2023 sektor pertanian tercatat sebagai salah satu sektor utama penopang ekonomi Indonesia setelah sekor perdagangan dengan memberikan kontribusi sebesar 13,57% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Penggunaan teknologi drone sprayer dalam pengelolaan tanaman memiliki potensial yang sangat besar untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan berkelanjutan sektor pertanian.

Berikut peran drone sprayer dalam pengelolaan tanaman:

1. Pengaplikasian Pupuk dan Pestisida

Drone sprayer dapat digunakan untuk mengaplikasikan pupuk, pestisida dan cairan lainnya secara tepat dan efisien ke tanaman. Hal ini membantu para petani untuk melakukan penyemprotan pada tanaman dengan lebih mudah, selain itu juga dapat mengurangi biaya operasional yang dikeluarkan oleh petani dalam pengelolaan tanaman.

drone sprayer untuk penyemprotan lahan tanaman

2. Mengakses Area Yang Sulit Dijangkau

Drone sprayer dapat dengan mudah mengakses area yang sulit dijangkau oleh alat pertanian konvensional, seperti area dengan topografi yang sulit atau lahan yang curam. Hal ini memungkinkan drone sprayer dalam melakukan penyemprotan secara merata di seluruh lahan pertanian dengan produktivitas yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan cara konvensional.

3. Kemampuan Semprot Yang Luas

Drone sprayer mampu melakukan penyemprotan dengan cakupan yang luas dan cepat, seperti pada drone sprayer FERTO-15 yang memiliki kemampuan tangki 15 liter dapat mencakup produktivitas +/- 6 Ha/Jam. Tentu produktivitas yang tinggi akan menguntungkan petani dalam pengaplikasian cairan obat ke tanaman.

BACA  Jasa Sewa Drone Pertanian Di Indonesia

4. Menghemat Penggunaan Air dan Cairan Obat

Penggunaan air dan cairan obat pada tanaman menjadi hal penting dalam pengelolaan tanaman, pengaplikasian air dan cairan obat yang hemat tentu menjadi keuntungan bagi petani, dengan drone sprayer cairan yang disemprotkan tidak ada yang terbuang bahkan cenderung hemat air dan merata ke tanaman.

Baca: Drone Sprayer Pada Pertanian Modern

5. Pemantauan Tanaman

Drone sprayer telah dibekali dengan kamera yang dapat digunakan untuk pemantauan tanaman, operator drone dapat lebih mudah melihat kondisi kesehatan dan pertumbuhan tanaman secara lebih efisien dengan memantau gambar hasil dari kamera drone. Pemantauan ini dapat bermanfaat bagi petani untuk melakukan tindakan perawatan khusus pada area tanaman yang tidak normal, sehingga pengelolaan tanaman dapat menjangkau keseluruh tanaman.

Dengan demikian, drone sprayer dengan segala kelebihan teknologinya memiliki beragam peran dalam pengelolaan tanaman. Jika dibandingkan dengan cara konvensional tentu drone sprayer jauh memberikan efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan tanaman.

Author

FDS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to Kontak@fulldronesolutions.com

× Apa Yang Bisa Saya Bantu ?