Peranan Drone dalam Bencana Alam Seperti Kebakaran Hutan, Gempa, Banjir dan Lainya

Peranan Drone dalam Bencana Alam Seperti Kebakaran Hutan, Gempa, Banjir dan Lainya

 

 

1 Survey Aerial

Drone, atau  UAV , sudah digunakan dalam respons kemanusiaan di seluruh dunia dan akan menjadi solusi masa depan untuk mengatasi dan mencegah bencana alam. Jumlah UAV kecil dan ringan yang belum pernah terjadi sebelumnya diluncurkan di Filipina setelah Topan Haiyan pada tahun 2013.  Drone digunakan di Haiti setelah Badai Sandy pada tahun 2012. Dan baru-baru ini, bahkan diterbangkan sebagai tanggapan atas banjir besar-besaran di Balkan dan setelah gempa bumi di China. Drone atau UAV juga dapat melakukan survey secara langsung ke lokasi-lokasi yang terkena bencana alam seperti gempa

 

foto oleh Hafidz Mubarak

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan drone / UAV dapat dengan mudah melakukan survey terhadap lokasi bencana yang dapat menghasilkan data seperti foto, kondisi geografis dan dapat memetakan lokasi tersebut untuk informasi aktual agar lebih mudah dan tepat dalam menentukan tidakan selanjutnya.

2 Survey Volumetric

Survei volumetrik dilakukan untuk beberapa alasan logis. Contoh-contoh utama adalah untuk mendapatkan volume stok bahan; menentukan jumlah pengisian yang diperlukan untuk penggalian skala besar seperti tambang  dan mengukur volume material tertentu. Survei volume yang umum melibatkan pengukuran untuk meteran batu bara dan contoh lain dari bahan yang ditimbun, quarry, tambang, tempat pembuangan sampah, retensi dan kolam penggalian, danau dan kapasitas bendungan. dalam penanganan bencana survey volumetric ini dapat dilakukan untuk mengetahui seberapa besar area kerusakan atau seberapa banyak material yang menyebabkan kerusakan secara remote dengan proses cepat dan efisien .

Foto abjdrone

Pencegahan bencana alam dengan drone

1 Hotspot detection

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Drone atau UAV dari fulldronesolutions.com mampu melakukan pencegahan bencana alam sejak dini salah satunya yaitu dengan thermal surveillance kami dapat memetakan area lahan gambut atau hutan lainya untuk mendeteksi titik-titik panas yang berpotensi terbakar sehingga dengan mengetahui lebih awal maka dapat diambil langkah selanjutnya yang dapat mencegah hal yang tidak di inginkan terjadi. Selain dapat melakukan survey panas terhadap lahan gambut dsb drone kami juga dapat meng inspeksi bangunan atau bahkan industri dalam kaitanya dengan thermal surveillance.

BACA  Drone dalam inpeksi bangunan dan perkembanganya

 

2 Survey Contour Tanah

Survey contour tanah sendiri lebih dikenal sebagai Peta topografi  yang merupakan 2D yang menggambarkan bentuk 3D dari permukaan Bumi di lokasi tertentu. Kontur ini digunakan untuk menghitung metrik seperti kemiringan, aliran air, perkiraan biaya, memotong dan mengisi (kotoran yang akan dipindahkan dari mana ke tempat), lokasi undulations atau bahaya di permukaan yang ada, dan volume material. Ketika datang ke pemetaan topografi, kendaraan udara tak berawak (UAV) telah mengisi kesenjangan efisiensi dalam toolbox geospasial antara saat yang paling masuk akal untuk menggunakan metode terestrial seperti RTK GNSS, stasiun total, dan pemindai laser, dan ketika itu masuk akal untuk menyewa layanan pemetaan udara berawak atau memesan citra satelit untuk sebuah proyek.

Dalam kaitanya dengan drone untuk pencegahan bencana alam hal ini dilakukan untuk memetakan kondisi geografis suatu wilayah secara automatic / remote dengan enggunakan uav dan instrument yang memadai sehingga kita dapat memperkirakan dan mencegah suatu daerah dari tanah longsor atau bahkan potensi gempa lbih awal.

BlogProduct

aplikasi pemetaan dronebenefits of drones in agriculturedrone pencegahan bencana alamharga jasa pemetaan udarajasa inspeksi object dronejasa spray penyemprotan dronejasa survey ndvi kesehatan tanamankamera udarauav pemetaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.