Pertimbangan Mengapa Sebaiknya Anda Menggunakan Asuransi Drone

(Asuransi perangkat-perangkat drone)

(Asuransi perangkat-perangkat drone)


Pertimbangan Mengapa Sebaiknya Anda Menggunakan Asuransi Drone

Asuransi drone tidak jauh berbeda fungsinya dengan asuransi lainnya. Menurut pasal 246 KUHD, asuransi adalah suatu perjanjian, dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri pada tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan. Singkatnya, kita bisa mendapat perbaikan atau ganti rugi ketika drone mengalami kerusakan di kondisi tertentu–dengan syarat, drone harus diasuransikan. Tentu saja pemberian asuransi didasarkan dengan berbagai kemungkinan yang bisa menimpa Anda. Misalnya ; bagaimana jika drone menabrak properti orang lain? Ada dua jenis kerugian yang akan kalian tanggung : mengganti rugi kerusakan properti orang lain sekaligus mengganti rugi kerusakan pada drone. Oleh karena itu, untuk meminimalisir resiko, berikut pertimbangan mengapa sebaiknya anda menggunakan asuransi drone :

Menghindari Kerugian saat Drone Mengalami Kecelakaan
(Drone tersangkut di pohon dapat menimbulkan kerusakan / Gambar : PopularMechanics)

(Drone tersangkut di pohon dapat menimbulkan kerusakan / Gambar : PopularMechanics)

Beberapa kondisi ini bisa saja dialami oleh penerbang pesawat nirawak; drone menabrak gedung, pohon, atau kendaraan lainnya dan terjadi tanpa disengaja. Asuransi yang tepat untuk menangani permasalahan ini adalah anda bisa menggunakan tipe asuransi Drone Liability Insurance, berbagai tingkatan kerusakan bisa ditangani. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai ketentuannya. Skywatch adalah salah satu penyedia asuransi drone yang populer di Amerika.

Mengganti Rugi Akibat Kerusakan Mesin Drone
(Asuransi drone untuk melindungi rangkaian mesin drone / Gambar : Kingsdrone.com)

(Asuransi drone untuk melindungi rangkaian mesin drone / Gambar : Kingsdrone.com)

Biasanya, Anda dipertemukan dengan kondisi dimana rangkaian mesin drone yang kalian miliki mengalami kerusakan. Misalnya, kerusakan di bagian gimbal, kamera, atau baling-baling. Jika kerusakan tersebut benar-benar terjadi karena kerusakan mesin, perusahaan asuransi yang menaungi kalian akan mengganti rugi. Sebelum mencoba Hull Insurance, pastikan terlebih dahulu perjanjian asuransi sesuai dengan ketentuan.

Tidak Hanya Drone, Anda dapat Mengasuransikan yang Lainnya
(Anda dapat mengasuransikan peralatan drone lainnya / Gambar : Smatree)

(Anda dapat mengasuransikan peralatan drone lainnya / Gambar : Smatree)

Tipe asuransi ketiga tidak hanya fokus dalam memberikan asuransi kepada drone saja, tetapi bisa diterapkan kepada muatan seperti kamera termal, sinematografi atau multispektral, atau sistem gimbal. Peralatan drone seperti laptop,  casing UAV, tablet, atau pengendali jarak jauh juga dapat diasuransikan. Selain itu, keselamatan pribadi berupa : kecelakaan maupun cedera dari tingkat rendah maupun berat pun dapat menggunakan asuransi. Tentukan asuransi drone berdasarkan kebutuhan Anda. Semakin terlindungi, semakin nyaman bagi Anda untuk menerbangkan drone.

BACA  Alat-Alat Yang Kamu Perlukan Untuk Membuat Drone Dengan Arduino

EdukasiTeknologi Drone

asuransi dronedronedrone jatuhdrone kecelakaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.