Perusahaan Geothermal Di Indonesia

(PLTA Lahodong, Detikfinance.com)

(PLTA Lahodong, Detikfinance.com)


Perusahaan Geothermal Di Indonesia

Pada artikel sebelumnya. kita sudah membahas mengenai geothermal. Dalam artikel ini kita akan mempelajari mengenai perusahaan perusahaan geothermal di Indonesia. Kata geothermal berasal dari kata Yunani geo (bumi) dan therme (panas). Energi panas bumi merupakan sumber energi terbarukan karena panas terus menerus diproduksi di dalam bumi. Orang menggunakan panas bumi untuk mandi, memanaskan bangunan, dan menghasilkan listrik.

Sumber daya energi panas bumi di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 28,5 Giga Watt electrical (GWe) yang terdiri dari resources 11.073 MW dan reserves 17.453 MW, hal ini menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara dengan sumber daya panas bumi terbesar di dunia. Keberadaan sumber energi ini erat kaitannya dengan posisi Indonesia yang berada pada kerangka tektonik dunia. Sebagai salah satu sumber energi terbarukan yang sangat potensial, Pemerintah terus berupaya mendorong peningkatan pemanfaatan panas bumi di Indonesia.Berdasarkan data terbaru dari Direktorat Panas Bumi, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi tercatat sumber daya panas bumi yang termanfaatkan telah mencapai 1.948,5 MW yang terdiri dari 13 Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) pada 11 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP).

Sebaran 13 Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang terpasang berdasarkan letak geografis dari wilayah barat sampai wilayah timur Indonesia beserta perusahaan perusahaan yang bertanggung jawab atas PLTP tersebut ;

  • PT Pertamina Geothermal Energy

PLTP Sibayak (Sibayak – Sinabung, Sumatera Utara).PLTP Ulubelu (Waypanas, Lampung) , PLTP Kamojang (Kamojang – Darajat, Jawa Barat), PLTP Karaha (Karaha Bodas, Jawa Barat), PLTP Lahendong (Lahendong – Tompaso, Sulawesi Utara).

 

  • Sarulla Operation Ltd

PLTP Sarula (Sibual-buali, Sumatera Utara). 

 

  • PT Star Energy Geothermal Salak. Ltd

PLTP Salak (Cibeureum – Parabakti, Jawa Barat)

 

  • Star Energy Geothermal Wayang Windu

PLTP Wayang Windu (Pangalengan, Jawa Barat)

 

  • PT Geo Dipa Energy

PLTP Palahu Pangalengan, Jawa Barat

 

  • Star Energy Geothermal Drajat

PLTP Drajat (Kamojang – Darajat, Jawa Barat)

 

  • PT Perusahaan Listrik Negara
BACA  Cara pemakaian aplikasi dji go untuk pemula

PLTP Matalako (Matalako, NTT),  PLTP Ulumbu (Ulumbu, NTT)

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral juga telah menetapkan delapan wilayah penugasan survei pendahuluan dan eksplorasi (WPSPE) panas bumi dengan total investasi senilai US$146,98 juta. 

Di masa depan pengembangan dan perkembangan industri panas bumi diharapkan juga mencapai wilayah timur Indonesia serta pemanfaatannya tidak hanya sebagai pembangkit juga dapat dimanfaatkan secara langsung seperti untuk industri pertanian (antara lain untuk pengeringan hasil pertanian, sterilisasi media tanaman, dan budi daya tanaman tertentu), selain sebagai destinasi wisata yang sudah dilakukan saat ini. 

 

Sumber :

Ini Dia Sebaran Pembangkit Listrik Panas Bumi di Indonesia

https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/ini-dia-sebaran-pembangkit-listrik-panas-bumi-di-indonesia

Ini 6 Perusahaan yang Mendapatkan Penugasan Eksplorasi Panas Bumi

https://ekonomi.bisnis.com/read/20180906/44/836001/ini-6-perusahaan-yang-mendapatkan-penugasan-eksplorasi-panas-bumi

Uncategorized

EdukasiEnergiGeothermalPanas Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.