Teknologi Drone Bagi Pertanian : Kelebihan dan Kekurangan Drone

(Agricultural drone, mittechnologyreview)

(Agricultural drone, mittechnologyreview)


Teknologi Drone Bagi Pertanian : Kelebihan dan Kekurangan Drone

Ketika kamu hendak bepergian jauh dan melewati jalan tol, saat ini pasti kamu jarang sekali melihat petugas yang menukarkan karcis dan membantu kita melakukan transaksi pembayaran di pintu tol, karena beberapa pintu sudah digantikan oleh mesin yang menggunakan kartu. Begitu juga dalam industri-industri yang lain, banyak hal yang tadinya dilakukan secara manual oleh manusia sekarang digantikan oleh mesin. Globalisasi membuat banyak hal disekitar kita berubah seiring berjalannya waktu, dan dalam artikel sebelumnya kamu sudah mengenal apa itu drone pertanian. Teknologi drone berguna untuk berbagai hal, dan drone membantu petani mengatasi beberapa tantangan yang berkembang di industri ini. Berikut manfaat  yang bisa kamu ambil ketika menggunakan drone pertanian. Dalam artikel ini kamu akan mengetahui kelebihan dan kekurangan drone bagi pertanian.

Environmental Friendly

Di abad ke 21 ini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga bumi dan alam sekitar. Dengan adanya penggunaan drone dapat membantu meningkatkan produktivitas pertanian dan memungkinkan adaptasi pertanian yang lebih baik terhadap efek perubahan iklim; mereka juga dapat membantu mengurangi polusi. 

Menghemat Waktu 

Penggunaan drone pertanian juga sangat menghemat waktu seperti mencari lokasi lapangan baru, menyediakan cara cepat dan mudah untuk memeriksa bagian kecil tanaman dari jarak jauh, dan mensurvei seluruh ladang. Dan hal tersebut jauh lebih menghemat waktu dan tenaga manusia di lapangan.

Menghilangkan dugaan dan mengurangi ketidakpastian

Keberhasilan bertani biasanya tergantung pada sejumlah besar faktor yang sedikit atau tidak dapat dikontrol oleh petani: cuaca dan kondisi tanah, suhu, curah hujan, dll. Salah satu keuntungan dalam menggunakan drone pertanian adalah penggunaan drone pertanian menghilangkan dugaan dan mengurangi ketidakpastian. 

Kunci efisiensi terletak pada kemampuan mereka untuk menyesuaikan diri, yang sebagian besar dipengaruhi oleh ketersediaan informasi akurat hampir real-time.

Meningkatkan Hasil Panen

Dengan memaksimalkan waktu dan teknologi petani dapat lebih mudah meningkatkan hasil panen. Penggunaan drone dalam pertanian dapat memudahkan petani dalam melakukan banyak hal dalam waktu singkat. Contohnya dengan menggunakan Drone Ferto 15, petani dapat menyiramkan air, cairan pestisida-herbisida, dan cairan lainnya.

Mudah Digunakan dan Tahan Angin dan Air

Di Indonesia, dengan curah hujan yang tidak bisa ditentukan terkadang menghambat kegiatan pertanian. Dengan menggunakan teknologi drone pertanian petani akan lebih mudah dalam mengatur lahan mereka tanpa takut angin kencang, maupun hujan karena drone yang dirancang dari tangan anak anak bangsa ini memiliki teknologi yang tahan air dan tahan angina serta penggunaannya sangat mudah dipahami.

 

BACA  Agriculture Drone Era : Kuatnya Peran Drone di Bidang Pertanian

Dengan banyaknya manfaat yang ada tentunya terdapat kekurangan yang dimiliki oleh teknologi ini, salah satunya adalah kelangkaan produk ini di dalam negeri dan pengembangannya di Indonesia. Oleh karena itu sangat penting bagi industri pertanian di Indonesia dalam  meningkatkan kualitas dan melakukan pengembangan teknologi agar dapat memudahkan dan meningkatkan industri pertanian di Indonesia.

 

Sumber :

WHY USE AGRICULTURE DRONES? MAIN BENEFITS AND BEST PRACTICES

https://easternpeak.com/blog/why-use-agriculture-drones-main-benefits-and-best-practices/

THE BENEFITS OF DRONES TO THE AGRICULTURAL INDUSTRY

https://www.droneusainc.com/articles/the-benefits-of-drones-to-the-agricultural-industry/

EdukasiTeknologi Pertanian

droneIndustri PertanianManfaat DroneTeknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.