Tiga Energi Baru Terbarukan Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Energi terbarukan (sumber gambar : Hijauku.com)

Energi terbarukan (sumber gambar : Hijauku.com)


Tiga Energi Baru Terbarukan Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan kepulauan terbesar di dunia yang secara geografis terletak pada posisi yang sangat strategis. Dengan kekayaan yang ada Indonesia memiliki potensi dan sumber daya alam dan energi sangat besar.  Sebagai negara dengan kondisi geografis beragam dan penduduk yang tersebar, Indonesia masih menghadapi tantangan pemenuhan energi untuk semua warganya. Di tahun 2016, masih terdapat 7 juta rumah tangga atau sekitar 28 juta penduduk Indonesia yang belum mendapatkan akses listrik. Sementara itu, Indonesia memiliki potensi energi bersih dan terbarukan yang tinggi. Berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Indonesia memiliki potensi sumber daya energi terbarukan yang luar biasa besarnya. Berikut beberapa energi baru terbarukan Indonesia yang perlu kamu ketahui; 

Bio Energi 

Bioenergi kini menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang tengah dikembangkan secara masif di Indonesia, tidak saja karena sumber energinya mudah ditemukan di Indonesia tetapi juga karena variannya yang beraneka ragam.  

Potensi bioenergi yang dimiliki Indonesia sangat besar yaitu 442 GW, tetapi pemanfaatannya baru 99,4 GW atau sekitar 2%. Oleh karena nya Pemerintah sangat mendorong pengembangan bioenergi untuk menjawab tantangan pencapaian target 23% di 2025. 

Hydropower (Tenaga Air)

Tenaga air (hydropower) Indonesia memiliki sumber air yang berlimpah, baik sungai hingga laut yang luas. Dengan air yang mengalir tersebut digunakan untuk memutar kincir. Putaran kincir tersebut menjadi energi mekanis industri. Aliran air juga bisa menghasilkan listrik melalui turbin dan generator. Di Indonesia tenaga air biasanya digunakan sebagai Pembangkut Listrik Tenaga Air. 

Solar Power / Energi Matahari

Energi matahari (solar power) Matahari adalah sumber energi terbesar. Sinar matahari atau tenaga surya dapat memanaskan, memberi penerangan, dan menghasilkan listrik. Di Indonesia banyak sekali teknologi yang memanfaatkan energi matahari cukup banyak, salah satunya kendaraan listrik. Kendaraan listrik ini bisa menggunakan panel surya atau solar panel yang diubah menjadi tenaga listrik. Energi angin (wind power) Angin adalah udara yang bergerak dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. Angin mampu menghasilkan listrik dengan menggunakan turbin. Turnin ini menggerakkan generator pembangkit listrik.

 

BACA  Mengapa Harus Menggunakan Jasa Pemetaan, Inspeksi dan Survey Drone

Pemerintah Indonesia juga sudah memiliki beberapa upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong proyek pengembangan EBT contohnya dengan mendorong skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), Penyusunan Paket Insentif Percepatan EBT, pemanfaatan pendanaan bilateral dan multilateral, meningkatkan program Dana Alokasi Khusus EBT, dan mendorong BUMN sebagai pengembang. 

Tentunya upaya-upaya ini juga harus dibarengi dengan insentif dan kebijakan keuangan yang mendukung iklim investasi, sehingga pihak swasta dan komunitas dapat berperan untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan. Pemerintah juga mengupayakan pengembangan industri lokal di bidang teknologi, manufaktur, dan jasa energi terbarukan serta mendorong institusi pendanaan dan perbankan nasional untuk berpartisipasi dalam pengembangan energi terbarukan.

 

Sumber :

Bioenergi, Energi Terbarukan Paling Komplit

http://ebtke.esdm.go.id/post/2020/03/06/2497/bioenergi.energi.terbarukan.paling.komplit

Potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) Indonesia

https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/potensi-energi-baru-terbarukan-ebt-indonesia

Energi Terbarukan di Indonesia
https://www.kompas.com/skola/read/2020/08/12/074500669/energi-terbarukan-di-indonesia

EdukasiEnergiUncategorized

Bio EnergiEnergi terbarukanHydro PowerSolar Power

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.