Tips Mengabadikan Fotografi Hewan Peliharaan dengan Drone Kamera

Angle penangkapan gambar dari samping

Angle penangkapan gambar dari samping


Tips Drone Fotografi untuk Mengabadikan Gambar Hewan Peliharaan

Drone fotografi dikenal sebagai salah satu kegiatan mengambil maupun merekam gambar. Kegiatan tersebut dimulai dari pengambilan video, gambar, tata letak, serta tidak jarang menjadi amunisi bagi sebagian fotografer untuk mengabadikan momen penting. Bagi sebagian orang, mengabadikan momen lucu hewan peliharaan maupun hewan di alam liar adalah kesenangan tersendiri. Kita bisa menangkap apa saja yang biasa dilakukan hewan secara natural dan indah.

Gambar : https://dronerush.com/drones-pet-photography-dog-photos-10166/

Gambar : dronerush.com

Mengajak hewan peliharaan yang sering mengeksplor tanah lapang seperti anjing, kucing, atau kuda barangkali jadi pilihan menarik untuk dijadikan model pengambilan gambar.  Supaya terlihat natural dan rapi, berikut tips drone fotografi yang bisa  Anda gunakan untuk merekam dan mengabadikan gambar hewan peliharaan kesayangan Anda.

1. Pastikan Keamanan yang Utama

Yaps, betul–safety first. Keamanan bagi Anda dan objek yang akan difoto. Pastikan bahwa hewan yang Anda dekati  merasa tenang dan tidak keberatan dengan kehadiran drone. Misalnya ; pertimbangkan betul jarak antara drone dengan burung, pastikan apakah mereka merasa terusik dengan suara bising, atau malah sebaliknya. Jika dirasa sudah tenang, segerakan mengambil gambar dan dari berbagai sudut. Jika hewan yang kalian foto menunjukkan tanda tidak nyaman dan ingin pergi, jangan dikejar. Sebagai pengguna teknologi yang bijak, harus memberikan respect terhadap alam sekitar.

2. Untuk Hasil Terbaik, Rencanakan Strategi Untuk Menangkap Gambar 

Misalnya, Anda ingin mengambil gambar saat anjing menangkap bola, berlari di tengah-tengah lapangan, atau saat kucing memanjat ke atas atap. Tentu saja untuk menangkap gambar tersebut dibutuhkan lebih dari satu orang ; drone controller dan animal handler (pendamping yang mengarahkan hewan untuk melakukan sesuatu). Pengendali drone cukup fokus dengan pengambilan gambar, sedangkan animal handler melempar bola atau frisbee untuk menarik perhatian anjing. Usahakan drone kamera sudah siap sebelum objek berlari dan bergerak. Pastikan juga posisi pengambilan gambar tidak terhalang sinar matahari dan tertangkap dengan jelas. 

3. Saran Posisi Pengambilan Gambar 

Untuk pengambilan gambar yang lebih maksimal, berikut ide untuk posisi pengambilan gambar yang bisa Anda gunakan;

BACA  Teknologi Drone Bagi Pertanian : Kelebihan dan Kekurangan Drone

Terbangkan Drone Setinggi-tingginya dan Fokus ke Bawah 

Gambar : Phuket News

Arahkan drone kamera di ketinggian yang cukup dan fokuslah kemana hewan tersebut bergerak/berlari. Usahakan tempat yang Anda gunakan adalah tanah lapang yang tidak terhalang pohon ataupun benda lainnya sehingga drone dengan mudah mengikuti objek. Posisi pengambilan gambar bisa dilakukan ke arah hewan berlari atau arah sebaliknya.

Tangkap Gambar dari arah Samping 

Angle penangkapan gambar dari samping

Angle penangkapan gambar dari samping

Untuk posisi ini disarankan drone kamera berada tepat di samping objek (jangan terlalu dekat, tapi pastikan sejajar) kemudian ikuti hewan tersebut  saat berjalan atau berlari. Segera abadikan apabila telah menemukan momen lucu dari hewan peliharaan Anda.

Gunakan Strategi Chase Cam 

Contoh strategi chase cam.

Contoh strategi chase cam.

Untuk strategi ini, objek diharapkan sadar dengan kehadiran drone kamera (bisa dipraktikkan kepada anjing peliharaan). Anjing biasanya mudah tertarik dengan benda yang bergerak dan mengejarnya. Apabila Anda berhasil menarik perhatian, maka anjing peliharaan Anda akan fokus dengan drone kamera dan mengikutinya. Dengan begini, Anda bisa mengabadikan momen di saat mereka berlari atau melompat seolah-olah dapat meraih drone. Selamat mencoba!

EdukasiTeknologi DroneTips

dronedrone fotografidrone kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.