Tutorial agisoft membuat orthomosaic & DEM fotogrametri UAV cara mudah


Agisoft PhotoScan Professional memungkinkan untuk menghasilkan point cloud padat georeferensi,poligonal bertekstur model, model elevasi digital dan orthomosaic dari satu set gambar yang tumpang tindih dengan yang sesuai referensi informasi. Tutorial ini menjelaskan langkah-langkah pemrosesan utama generasi DEM / Orthomosaic alur kerja untuk satu set gambar dengan titik kontrol tanah.

Langkah-langkah pembuatan peta orthomosaic / dem dengan agisoft 

Sesuaikan setingan preference anda seperti pada gambar Stereo Mode: Anaglyph (use Hardware if your graphic card supports Quad Buffered Stereo) Stereo Parallax: 1.0 Write log to file: Tentukan direktori tempat Agisoft PhotoScan log akan disimpan. Setting parameter pada  OpenCL seperti berikut :
Periksa semua perangkat OpenCL yang terdeteksi oleh PhotoScan dalam dialog dan kurangi jumlah inti CPU aktif dengan satu untuk setiap perangkat OpenCL yang diaktifkan. Tetapkan nilai berikut untuk parameter pada tab Advanced:

Project compression level: 6
Keep depth maps: enabled
Store absolute image paths: disabled
Check for updates on program startup: enabled
Enable VBO support: enabled

Menambahkan foto ke agisoft photoscan

Untuk menambahkan foto, pilih perintahadd photos … dari menu Workflow atau klik tombol add photos  terletak di bilah alat Workspace. Dalam dialog Tambah Foto, jelajahi folder sumber dan pilih file yang akan diproses. Klik tombol open.

Load camera position

Buka panel Referensi menggunakan perintah yang sesuai dari menu view . Klik tombol Impor pada tab alat panel Referensi dan pilih file yang berisi posisi kamera informasi dalam dialog Buka. Cara termudah adalah dengan memuat file sederhana yang dipisahkan karakter (* .txt) yang berisi koordinat x dan y dan tinggi untuk setiap posisi kamera (data orientasi kamera, mis. nilai pitch, roll dan yaw, bisa juga diimpor, tetapi datanya tidak wajib).

Dalam dialog Impor CSV menunjukkan pembatas sesuai dengan struktur file dan pilih baris untuk mulai memuat. Perhatikan bahwa karakter # menunjukkan baris komentar yang tidak dihitung sementara penomoran baris. Tunjukkan untuk program parameter apa yang ditentukan di setiap kolom melalui pengaturan perbaiki nomor kolom di bagian Kolom pada dialog. Juga disarankan untuk menentukan yang valid mengoordinasikan sistem di bidang yang sesuai untuk nilai yang digunakan untuk data pusat kamera. Periksa pengaturan Anda di bidang data sampel dalam dialog Impor CSV

Klik tombol OK. Data akan dimuat ke panel Referensi. Tombol Import EXIF yang terletak di panel Referensi juga dapat digunakan untuk memuat posisi kamera informasi jika meta-data EXIF tersedia.

Kemudian klik tombol Pengaturan di panel Reference dan di dialog Pengaturan Referensi pilih sistem koordinat yang sesuai dari daftar jika Anda belum memilihnya dalam dialog Impor CSV. Atur Akurasi Kamera dalam meter dan derajat sesuai dengan akurasi pengukuran:

Ground Altitude harus ditentukan jika pemotretan sangat miring.  Klik OK dan posisi kamera akan ditandai dalam Tampilan Model berdasarkan koordinat geografisnya:

Jika Anda tidak dapat melihat apa pun dalam tampilan Model, meskipun koordinat kamera yang valid telah diimpor, harap periksa bahwa tombol show camera ditekan pada toolbar. Kemudian klik tombol Reset View juga terletak di toolbar.

Kalibrasi Kamera

Buka Tools Menu → Camera Calibration window.

Secara default Agisoft PhotoScan memperkirakan parameter kamera intrinsik selama penyelarasan dan optimalisasi kamera langkah-langkah berdasarkan pada nilai awal yang berasal dari EXIF. Dalam hal ukuran piksel dan panjang fokus (keduanya dalam mm) adalah hilang pada gambar EXIF ​​dan karenanya di jendela kalibrasi kamera, mereka dapat dimasukkan secara manual sebelumnya untuk pengolahan sesuai dengan data yang berasal dari spesifikasi kamera dan lensa.

Jika kamera pra-kalibrasi digunakan, dimungkinkan untuk memuat data kalibrasi dalam salah satu format yang didukung masukkan tombol di jendela. Untuk mencegah nilai pra-sinkronisasi disesuaikan oleh PhotoScan selama memproses, perlu untuk memeriksa flag Fix Calibration.

Agisoft PhotoScan dapat memproses gambar yang diambil oleh kamera yang berbeda dalam proyek yang sama. Dalam hal ini di sebelah kiri bingkai jendela Kalibrasi Kamera beberapa kelompok kamera akan muncul, dibagi secara default sesuai dengan resolusi gambar, panjang fokus dan ukuran piksel. Grup kalibrasi juga dapat dibagi secara manual jika perlu.

Jika lensa ultra-wide atau fisheye angle digunakan, disarankan untuk mengganti jenis kamera dari Frame (default) ke nilai Fisheye sebelum diproses.

 

Penyelarasan/ Align Photo Agisoft Tutorial

Pada tahap ini PhotoScan menemukan titik yang cocok antara gambar yang tumpang tindih (overlap), untuk memperkirakan kamera posisi untuk setiap foto dan membangun model cloud titik jarang. Pilih perintah Align Photos dari menu Workflow.

Tetapkan nilai yang direkomendasikan berikut untuk parameter dalam dialog Align Photos:
Accuracy : high (pengaturan akurasi rendah dapat digunakan untuk mendapatkan posisi kamera yang kasar di a
waktu yang lebih singkat)
Pair preselection: Reference (jika posisi kamera tidak diketahui, Pemilihan umum secara generik)
mode harus digunakan)
Constrain features by mask:  nonaktifkan (Diaktifkan jika ada area yang telah ditutup sebelumnya
pengolahan)
Key point limit: 40000
Tie point limit: 10000

Klik tombol OK untuk memulai penyelarasan foto. Dalam waktu singkat (tergantung jumlah gambar dalam proyek dan resolusi mereka) Anda akan mendapatkan model sparse point cloud ditampilkan di Tampilan model.Posisi dan orientasi kamera ditunjukkan oleh segi empat biru pada tampilan jendela:

Mengatur bounding box

Bounding Box digunakan untuk mendefinisikan area rekonstruksi. Bounding box dapat diubah ukurannya dan dapat diputar dengan bantuan Resize  Region dan Rotate  Region alat dari toolbar. 

Sisi berwarna merah dari kotak pembatas menunjukkan bidang yang akan diperlakukan sebagai bidang tanah dan harus diatur di bawah model dan sejajar dengan bidang XY. Ini penting jika mesh harus dibangun dalam mode Bidang Tinggi, yang masuk akal untuk alur kerja pemrosesan data udara.

Build Dense Point Cloud

Berdasarkan perkiraan posisi kamera, program menghitung informasi kedalaman untuk setiap kamera di gabungkan menjadi awan titik padat tunggal. cara nya sebagai berikut Pilih perintah Build Dense Cloud dari menu Workflow.

Tetapkan nilai-nilai yang disarankan berikut untuk parameter dalam dialog Build Dense Cloud:
Quality : Medium  (kualitas lebih tinggi membutuhkan waktu yang cukup lama dan menuntut lebih banyak
sumber daya komputasi, kualitas yang lebih rendah dapat digunakan untuk pemrosesan cepat)

Depth filtering : Aggresive (jika geometri adegan yang akan direkonstruksi rumit dengan
banyak detail kecil atau permukaan yang tidak bertekstur, seperti atap, disarankan untuk mengaktifkan fitur ini

Build Mesh (opsional: dapat dilewati jika model poligon tidak diperlukan sebagai hasil akhir)

Ketika awan titik padat telah direkonstruksi, dimungkinkan untuk menghasilkan model poligonal mesh
berdasarkan data cloud yang padat. Pilih perintah Build Mesh dari menu Workflow.

Tetapkan nilai yang direkomendasikan agisoft photoscan berikut untuk parameter dalam dialog Build Mesh:
Surface type : Height field
Data source : Dense cloud
Face count : Hiigh (jumlah wajah maksimum dalam model yang dihasilkan. Nilai yang ditunjukkan di sebelah label preset Tinggi / Sedang / Rendah didasarkan pada jumlah titik dalam kepadatan awan. Nilai-nilai khusus dapat digunakan untuk rekonstruksi permukaan yang lebih rinci) .8
Interpolation : Enabled
Klik tombol OK untuk memulai rekonstruksi jala.

Editing Geometry

Kadang-kadang perlu untuk mengedit geometri sebelum membangun tekstur atlas  dan mengekspor model. Wajah yang tidak diinginkan dapat dihapus dari model. Pertama, Anda harus menunjukkan wajah-wajah itu dihapus menggunakan alat seleksi dari toolbar. Area terpilih disorot dengan warna merah pada Model view .  Kemudian, untuk menghapus pilihan, gunakan tombol Hapus Pilihan pada toolbar (atau tombol Del) atau gunakan crop selection pilihan pada toolbar  untuk menghapus semua kecuali wajah yang dipilih.

Jika  overlap gambar asli tidak cukup, mungkin diperlukan untuk menggunakan close hole Di close hole
dialog seperti gambar diatas pilih ukuran lubang terbesar yang akan ditutup (dalam persentase dari total ukuran model).

Agisoft PhotoScan cenderung menghasilkan model 3D dengan resolusi geometri yang berlebihan. Itu sebabnya
disarankan untuk memadamkan mesh sebelum mengekspornya ke alat edit yang berbeda untuk menghindari kinerja penurunan program eksternal. Untuk memusnahkan model 3D pilih perintah Decimate Mesh … dari menu Tools. Dalam Decimate Dialog mesh menentukan jumlah target wajah yang harus tetap dalam model akhir. Untuk ekspor PDF mengunggah tugas atau pemirsa web disarankan untuk mengurangi jumlah wajah menjadi 100000-200000.

 

Membuat Peta DEM ( Digital Elevation Model ) di agisoft

Model elevasi digital dapat dihasilkan berdasarkan model cloud atau mesh yang rapat.Biasanya opsi ini lebih disukai, karena memberikan hasil yang lebih akurat (model poli rendah, digunakan sebagai sumber data, dapat menghasilkan DEM yang tidak akurat) dan memungkinkan pemrosesan lebih cepat, sejak langkah pembuatan mesh bisa dilewati.

Sistem koordinat harus ditentukan sesuai dengan sistem yang digunakan untuk referensi model. Pada tahap ekspor dimungkinkan untuk memproyeksikan hasilnya ke sistem koordinat geografis yang berbeda Setelah proses pembuatan DEM selesai, dimungkinkan untuk membuka model yang direkonstruksi dalam tampilan Ortho dengan cara mengklik dua kali pada label DEM di panel Workspace:

Tutorial

aplikasi pemetaan droneartikel pertanian moderncara kalibrasi dronecara membuat pemetaan wilayahdunia pertanianharga jasa pemetaan udaramakalah teknologi pertanianspesifikasi drone untuk pemetaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Show Buttons
Hide Buttons