Drone Pertanian Ferto 15 FDS (sumber : Fulldronesolutions.com)

Drone Pertanian Ferto 15 FDS (sumber : Fulldronesolutions.com)


Yuk, Kenali Berbagai Sprayer Pertanian Untuk Penyemprotan Optimal

Sprayer pertanian merupakan salah satu alat pertanian yang digunakan untuk penyemprotan. Di bidang pertanian, beberapa cairan dibutuhkan dalam proses penanaman. Misalnya ; menyemprotkan pestisida untuk memberantas hama, fungisida untuk mencegah penyakit tanaman, atau memberantas hama dengan cairan herbisida. Selain itu, penyemprotan juga berguna untuk memberikan cairan pupuk dan hormon demi memaksimalkan pertumbuhan tanaman maupun sayur yang kita tanam. Ada beberapa jenis sprayer pertanian yang akan dibahas dalam artikel ini. Manakah yang saat ini paling Anda butuhkan?

Hand sprayer
(Hand sprayer)

(Hand sprayer)

Hand sprayer adalah alat penyemprot yang ukurannya jauh lebih kecil dibanding sprayer lainnya. Kapasitas air yang ditampung berkisar 1-2 liter dan penggunaannya dengan cara dipompa dengan tangan. Tidak hanya untuk pertanian, hand sprayer juga populer di kalangan pegiat urban farming. Ukurannya yang tidak terlalu besar sering dimanfaatkan sebagian orang untuk menyemprot burung peliharaan atau cairan shampoo untuk mencuci kendaraan.

Knapsack Sprayer

Sprayer pertanian pertama yang populer digunakan adalah model knapsack atau biasa disebut dengan alat semprot punggung. Kapasitas tangki knapsack pun beraneka-ragam, dari 13 hingga 20 liter. Cara menggunakan knapsack sprayer adalah dengan menggerakkan gagang pompa supaya larutan keluar dari tangki menuju tabung sehingga tekanan meningkat dan mengeluarkan semprotan. Meskipun mudah digunakan, jarak penyemprotannya tidak begitu jauh, hanya beberapa meter saja.

(Knapsack sprayer / Gambar : sumberplastik.co.id)

(Knapsack sprayer / Gambar : sumberplastik.co.id)

Motor sprayer

Berukuran lebih besar, motor sprayer adalah mesin penyemprot yang menggunakan tenaga pompa untuk mengeluarkan larutan dalam tangki. Cara menggunakan sprayer bisa dilakukan dengan digendong, diletakkan di atas tanah, atau ditarik dengan kendaraan. Manfaat menggunakan motor sprayer adalah kapasitas tangki yang lumayan besar dan penyemprotan yang lumayan singkat. Sayangnya biaya untuk merawat dan mendapatkan motor sprayer relatif mahal dan tidak dianjurkan diaplikasikan pada tanaman yang masih muda.

(Motor sprayer)

(Motor sprayer)

Drone sprayer

Terakhir, sprayer pertanian yang paling modern dan canggih adalah drone sprayer. Drone dikembangkan untuk dapat melakukan pekerjaan di bidang pertanian, termasuk penyemprotan cairan pestisida dengan kemampuan menjangkau jarak lebih jauh dibandingkan alat sprayer lainnya. Berbagai kemudahan bisa Anda dapatkan saat menggunakan drone sprayer;

  • Waktu yang lebih singkat
  • Hemat tenaga
  • Lebih cepat, efisien, dan merata
  • Drone sprayer bisa diterapkan di berbagai jenis topografi lahan
Drone Pertanian Ferto 15 FDS (sumber : Fulldronesolutions.com)

Drone Pertanian Ferto 15 FDS (sumber : Fulldronesolutions.com)

Salah satu teknologi sprayer pertanian yang ada di Indonesia seperti yang diproduksi oleh Fulldronesolutions. Drone ini dapat membantu untuk menghemat biaya operasional hingga 25%. Drone jenis Ferto dapat mengangkut beban cairan hingga 5-15 kg. Dengan kemudahan dalam mengoperasikan drone yang akan dibantu oleh tim teknis handal serta service dan maintenance dalam negeri, tentu akan mempermudah untuk membantu petani meningkatkan efisiensi pertaniannya. Mau tau lebih lanjut terkait drone Ferto? Silahkan kunjungi website fulldronesolutions.

BACA  Perkembangan pertanian di indonesia 2019 - 2020 era 4.0

EdukasiTeknologi Drone

drone pertanianfertopenyemprotansprayer teknologi pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.