Daftar nama alat pertanian modern dan tradisional yang digunakan petani indonesia



Nama alat pertanian modern dan tradisional yang digunakan petani indonesia

 

Definisi pertanian modern

Pertanian modern merupakan teknologi atau inovasi di bidang pertanian yang lebih maju, dari segi mesin, pengendalian hama penyakit sampai panen dan pasca panen. Hal yang membedakan pertanian modern dengan pertanian tradisional adalah perlakuan atau cara perawatan dan budidayanya.

Teknologi yang berkembang di Indonesia semakin ke arah yang lebih maju, tergolong cepat pertanian Indonesia mengimbangi dengan negara lain. Pertanian modern yang sekarang ini berjalan memberikan dampak atau respon pada petani dan peternak untuk mereka gunakan sebagai pekerjaan mereka.

Pada dasarnya kita bisa melihat dari beberapa hal yang dapat di nilai dari pertanian modern. Faktor yang mendukung pertanian modern adalah Sumber Daya Manusia (SDM), benih berkualitas tinggi, hasil pertanian perikanan dan peternakan yang berkualitas, serta mekanisasi berteknologi tinggi.

 

perkebunan hidroponik

 

Peralatan pengolah lahan

Pengolahan tanah adalah suatu hal mutlak yang harus di lakukan oleh petani sebulum melakukan proses penanaman bibit. Karena dengan pengolahan tanah dengan baik dan benar makan proses penanaman akan lebih mudah dan tentunya itu baik sekali untuk si buah benih hehehe. Alat pengolahan tanah di bagi menjadi dua, yaitu alat pengolahan tanah pertama dan pengolahan tanah kedua. Disini ada banyak sekali alat pengolahan tanah, mulai dari alat penggembur sampai alat pembentuk parit. Dan saya jelaskan diskripsi singkatnya mengenai fungsi alat tersebut.

1.Rotavator

Gambar rotavator tool

Persiapan tanah bisa memakan waktu. Namun, dengan alat dan peralatan yang tepat Anda dapat meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Rotavator adalah bagian dari mesin yang berguna untuk persiapan tanah.

Peralatan pertanian serbaguna ini adalah mesin bermotor yang menggunakan bilah berputar untuk mengubah tanah. Pada intinya rotavator mereka adalah alat pembalik tanah yang melakukan fungsi serupa dengan pembudidaya dan anakan. Sementara semua rotavator melakukan fungsi yang serupa, model yang berbeda menawarkan kemampuan yang berbeda.

 

2.Kultivator

Kultivator atau tracktor

Kultivator adalah alat dan mesin pertanian modern (alsintan) yang digunakan untuk pengolahan tanah sekunder. Kultivator bekerja dengan menggunakan gigi yang sedikit menancap ke dalam tanah sambil ditarik dengan sumber tenaga penggerak, umumnya traktor. Kultivator jenis lain (rotary tiller) menggunakan gerakan berputar cakram dan gigi untuk mencapai hasil yang sama.

Kultivator mengaduk dan menghancurkan gumpalan tanah yang besar, sebelum penanaman (untuk mengaerasi tanah) maupun setelah benih atau bibit tertanam (untuk membunuh gulma). Berbeda dengan garu mengaduk sebagian besar permukaan tanah, kultivator mengaduk tanah sebagian saja secara hati-hati sehingga tidak mengganggu tanaman pertanian.

 

3. Bajak singkal

mesin bajak singkal

pertanian modern Bajak singkal merupakan salah satu di antara alat pertanian tertua dan umumnya dianggap sebagai alat yang paling penting. Pembajakan menyerap tenaga traksi lebih besar dibanding semua pengerjaan lapang lainnya. Meskipun pengkajian terhadap hasil panen telah memberi petunjuk bahwa pada keadaan tertentu pada beberapa tanaman budidaya tertentu tidak terlihat adanya keuntungan dari dilakukannya pembajakan, bajak singkal masih sejauh ini merupakan alat yang paling banyak digunakan untuk olah tanah pertama pada penyiapan persemaian.

4. Garu sisir 

alat pertanian garu singkal5. Sprinkler

sprinkler rotator

Secara teknis, sprinkler merupakan teknik dalam irigasi yang mencakup overhead irrigation, yakni dengan menyemburkan air dari bawah ke atas, sehingga mampu menyirami seluruh tanaman yang ada di kebun Anda dalam waktu singkat. Ini merupakan cara yang sangat efisien, terutama pada media tanah yang memiliki tekstur agak kasar karena pemakaian airnya bisa dua kali lebih hemat.

Teknik irigasi menggunakan sprinkler ini banyak diminati, terutama oleh pemilik lahan pertanian atau perkebunan yang cukup luas. Seperti yang telah dibahas di atas, efisiensi air menjadi alasan utama, namun sistem sprinkler juga bisa menghemat waktu dan tenaga karena dapat mengaliri air secara otomatis.

 

Nama Peralatan Pemanen Pertanian Modern

  • Combine Harvester

gambar combine harvester

Combine harvester adalah alat pemanen padi yang dapat memotong bulir tanaman yang berdiri, merontokkan dan membersihkan gabah sambil berjalan dilapangan. Dengan demikian waktu pemanen lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia (manual) serta tidak membutuhkan jumlah tenaga kerja manusia yang besar seperti pada pemanenan tradisional. Penggunaan alat ini memerlukan investasi yang besar dan tenaga terlatih yang dapat mengoprasikan alat ini ( Barokah, 2001).

Pada dasarnya proses panen padi dapat dilakukan melalui dua macam cara, yaitu melalui cara tradisional dan menggunakan mesin perontok padi tipe stasioner. Mengingat adanya beberapa jenis lahan, maka kedua cara tersebut dirasa belum maksimal, sehingga perlu dilakukan perancangan dan pengembangan produk mesin pemanen padi (combine harvester) portable. Mesin ini mempunyai kemampuan kerja merontokkan bulir padi dari batangnya dan sekaligus dapat menebang batang padi tersebut ( Departemen Pertanian, 1993).

Pemahaman tentang combine harvester dan mower sangat penting dalam pengelolaan pertanian tanaman pangan modern, dan pengelolaan lapangan rumput baik untuk pakan ternak maupun turfgrass. Dengan mengetahui bagian mesin dan cara kerja serta kinerja, pengelolanya akan dapat merencanakan dan mengatur penggunaan combine harvester dan mower dengan efisien dan ekonomis. Dengan demikian akan mendukung proses budidaya keseluruhan secara mekanis.

Nama Peralatan Pertanian Modern Penanam

  • Seed drill

gambar seed drill

digunakan untuk menanam benih dari berbagai jenis benih biji-bijian jenis ini menggabungkan sistem distribusi benih mekanis. Ini pada dasarnya terdiri dari kerangka penahan beban yang dilengkapi dengan hopper berisi benih yang akan ditabur, distributor benih dengan serangkaian elemen pengiriman yang mengarahkan benih ke tanah, dan elemen berkerut yang dilengkapi dengan perangkat penutup benih yang membuka alur kecil di tanah, di mana benih disimpan.

  • Planter/transplanter

gambar planter

Transplanter adalah mesin penanam khusus yang cocok untuk mentransplantasikan benih padi ke sawah. Terutama dua jenis transplantasi beras, tipe berkuda dan tipe berjalan. Tipe berkuda digerakkan oleh tenaga dan biasanya enam jalur dalam satu lintasan. Di sisi lain, tipe berjalan didorong secara manual dan biasanya empat baris dalam satu lintasan. Meskipun padi ditanam di luar wilayah Asia, transplantasi beras digunakan terutama di Asia Timur, Tenggara, dan Selatan. Ini karena padi dapat ditanam tanpa transplantasi, dengan menggunakan benih di ladang, dan petani di luar Asia, ini adalah cara gratis untuk membayar dengan biaya hasil yang lebih rendah.

Nama Peralatan Pertanian Modern Pengendali Hama

  • Slurry spreader

Spreader automatic

Penyebar pupuk dimulai sebagai unit yang digerakkan oleh tanah yang bisa ditarik oleh kuda atau tim kuda. Banyak dari penyebar yang digerakkan oleh tanah ini masih diproduksi hingga saat ini, sebagian besar dalam bentuk unit kecil yang dapat ditarik di belakang traktor kebun yang lebih besar atau kendaraan semua medan (ATV). Dalam beberapa tahun terakhir, unit yang digerakkan hidrolik dan PTO telah dikembangkan untuk menawarkan tingkat aplikasi yang bervariasi. Beberapa model juga dirancang dengan mekanisme rotating removable (beater), ekstensi samping yang dapat dilampirkan, dan tailgate untuk mengangkut hijauan cincang, biji-bijian sereal, dan tanaman lainnya. Penyebar pupuk (modern) tipikal terdiri dari sebuah trailer yang ditarik di belakang traktor dengan mekanisme berputar yang digerakkan oleh power take off traktor (PTO).

  • Sprayer

Penggunaan alat pertanian modern teknologi drone sprayer

Sprayer digunakan untuk menyebarkan/ menyemprotkan cairan pupuk, herbisida, pestisida dan cairan lain ke lahan pertanian terdapat banyak jenis sprayer manual biasanya di bawa di punggung namun pada era ini sudah muncul jenis alat pertanian modern sprayer automatic yaitu menggunakan teknologi drone (pesawat tanpa awak) yang dapat melakukan penyemprotan secara otomatis dengan menawarkan efisiensi sangat tinggi .

 

Baca Juga

 

alat pemanen mesin

 

Peralatan pengolah hasil panen

Terdapat banyak sekali mesin untuk mengolah hasil panen baik itu padi, jagung, kopi dan lain-lain berikut ini adalah list mesin pengolah hasil pertanian modern karena tidak ada nama spesifik untuk alat-alat pengolah hasil panen maka kami hanya melakukan list sesuai kegunaan masing-masing alat :

  • Mesin Pengolahan Tebu
  • Mesin Pengolahan Kopi
  • Mesin Pengolahan Padi,
  • Mesin Pengolahan Jagung
  • Mesin Pengolahan Singkong
  • Mesin Pengolahan Kedelai
  • Mesin Pengolahan Coklat
  • Mesin Pengolahan Kelapa Sawit,
  • Mesin Pengolahan Aren
  • Mesin Pengolahan Tembakau
  • Mesin Pengolahan Kacang
  • Mesin Pengolahan Teh
  • Mesin Pengolahan Cengkeh,
  • Mesin Pengolahan Umbi-Umbian
  • Mesin Pengolahan Kemiri
  • Mesin Pengolahan Kentang
  • Mesin Pengolahan Cabe
  • Mesin Pengolahan Bawang
  • Mesin Pengolahan Buah-Buahan
  • Mesin Pengolahan Sagu
  • Mesin Pengolahan Karet

alat pemecah jagung

Kegunaan Mesin Pengolah Pertanian
Mengolah, Menghancurkan, Mengupas, Menghaluskan, Mencabut, Memotong & Menggiling

Keunggulan Mesin Pertanian modern

Mesin mesin ini banyak memberikan keuntungan bagi pengusaha yang memilikinya. Semakin meningkatnya kebutuhan akan hasil pertanian, sehingga banyak sekali masyarakat yang jeli memanfaatkan peluang ini untuk menjalankan usaha. Baik itu untuk para petani, bisnis kuliner, maupun bisnis jasa sewa mesin pertanian. Nah biasanya bisnis seperti ini tentu membutuhkan kelapa Jadi tidak salah jika kehadiran mesin pertanian ini menjadi jawaban terbaik untuk usaha anda. Akan ada banyak keuntungan yang akan anda dapatkan, yaitu

  • Hemat tenaga
  • Hemat biaya operasional
  • Keuntungan profit lebih besar
  • Proses kerja lebih efisien dan efektif
  • Hasil yang didapatkan lebih banyak
  • Tidak perlu capek
  • Dapat memenuhi target produksi
  • Pengoperasian mudah dan perawatannya juga mudah

 

BACA  Drone hilang sinyal penyebab dan cara mudah memperbaiki

8 hasil pertanian indonesiaAgricultural DroneArtikel pertanian moderncontoh inovasi pertanian

artikel pertanian moderncara kalibrasi droneciri-ciri pertaniancontoh inovasi pertaniandrone pertanianharga jasa pemetaan udarajenis drone untuk pemetaanmakalah teknologi pertanianpenggunaan drone untuk pertanianteknologi drone

1 Comment

  • Artikel ini isinya sangat bermanfaat bagi orang yang membacanya semoga kedepannya artikel-nya makin jaya dan terus memberikan informasi yang bermanfaat. Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.