Mengenal Indo Combine Harvester : Mesin Solutif Pendukung Swasembada Beras

(Indo Combine Harvester)

(Indo Combine Harvester)


Mengenal Indo Combine Harvester : Mesin Solutif Pendukung Swasembada Beras

Indo Combine Harvester adalah salah satu dari sekian teknologi yang dikembangkan oleh bidang Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Alat yang yang diproduksi sejak tahun 2013 tersebut, mengutip laman http://www.litbang.pertanian.go.id/alsin/43/ memiliki spesifikasi sebagai berikut :

(Spesifikasi Indo Combine Harvester / Gambar : http://www.litbang.pertanian.go.id/alsin/43/)

(Spesifikasi Indo Combine Harvester / Gambar : http://www.litbang.pertanian.go.id/alsin/43/)

Pada dasarnya Indo Combine Harvester adalah alat permanen. Beberapa kegunaan yang ditonjolkan oleh alat tersebut adalah kemampuan mengerjakan tiga kegiatan yang berbeda dalam satu mesin ; menuai, merontokkan, serta menampi padi. Secara spesifik, Indo Combine Harvester dapat melakukan hal-hal berikut :

  • Merontokkan gabah
  • Memotong tanaman yang masih bediri
  • Melakukan pemisahan gabah dari jerami
  • Membersihkan gabah
  • Memanen padi dalam satu proses secara bersamaan ; pemotongan, pengangkutan, perontokan, pembersihan, sortasi, dan pengantongan.
(Memanen padi lebih cepat dengan Indo Combine Harvester / Gambar : http://www.litbang.pertanian.go.id/)

(Memanen padi lebih cepat dengan Indo Combine Harvester / Gambar : http://www.litbang.pertanian.go.id/)

Permasalahan yang biasa dialami di bidang pertanian adalah terjadinya susut panen. Sebagian hasil tercecer saat tahap pemanenan, perontokan, pengeringan, maupun pengangkutan dan penggilingan. Kejadian tersebut tentu saja merugikan karena mengurangi hasil produksi beras. Sedangkan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan swasembada beras adalah memaksimalkan hasil panen, maka kemajuan teknologi dalam bidang pertanian haruslah digencarkan. Selain mempermudah proses produksi, mesin pertanian modern turut mengatasi kelangkaan tenaga kerja serta meningkatkan kemandirian pangan.

Indo Combine Harvester juga cocok digunakan di perpetakan sawah yang sempit, mengingat lebar kerja mesin tersebut berkisar 1-2 meter saja. Selain itu, yang menjadi pembeda Indo Combine Harvester dengan alat lainnya adalah gaya tekan mesin ke permukaan tanah sebesar 0,13 kg/cm2, sedangkan alat lain sebesar 0,20 kg/cm2. Semakin kecil nilai yang dihasilkan gaya tekan mesin, maka akan memperkecil kemungkinan mesin terperosok ke dalam tanah, sehingga alat ini sangat cocok diaplikasikan di tanah yang lembek / basah. Untuk operator, Indo Combine Harvester membutuhkan tiga orang : satu operator dan dua pembantu operator. Kapasitas mesin menghabiskan waktu sekitar 4-6 jam / ha–hemat waktu, tenaga, dan mempercepat proses produksi.

(Gambar : http://pphtp.tanamanpangan.pertanian.go.id)

(Gambar : http://pphtp.tanamanpangan.pertanian.go.id)

Kehadiran alat pertanian modern seperti Indo Combine Harvester menjadi salah satu penunjang swasembada beras dapat terwujud. Hal tersebut seiring dengan konsep pertanian industrial yang salah satunya menerapkan sistem produksi berstandar “teknologi ilmiah tinggi”. Penekanan terhadap kecepatan dan kuantitas tidak semata-mata demi keuntungan saja, tetapi kestabilan dalam memperkuat ketahanan pangan. Oleh karena itu, dukung pertanian Indonesia dengan sistem yang lebih maju dan cepat, salah satunya adalah menggunakan mesin teknologi untuk optimalisasi produksi.

BACA  Ketahui Berbagai Manfaat Memiliki Sertifikasi Pilot Drone

EdukasiTeknologi Pertanian

artikel pertanian modernIndo Combine Harvesterpertanianteknologi pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.